Bupati Kupang Resmikan Ekowisata Bendungan Raknamo

Bupati Kupang saat hadir meresmikan Ekowisata Bendungan Raknamo (26/2).

Raknamo-InfoNTT.com,- Bupati Kupang Korinus Masneno meresmikan ekowisata bendungan Raknamo. Kegiatan ini bekerjasama dengan UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Wilayah Kabupaten Kupang dengan “Kelompok Tani Hutan Baru Terbit” Desa Raknamo Kecamatan Amabi Oefeto sekaligus sebagai kegiatan menyongsong hari konservasi alam nasional Tahun 2021, Jumat (26/2/2021) di Bendungan Raknamo.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Provinsi NTT Ondy Siagian dalam sambutannya mengatakan, dengan diresmikannya ekowisata bendungan Raknamo hari ini menandakan bahwa aktifitas wisata di tempat ini bisa dinikmati masyarakat luas.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, peningkatan perekonomian masyarakat bisa diperoleh dari tempat ini, tapi perlu adanya pendampingan dari pihak-pihak terkait dalam rangka pemberdayaan ekonomi. Semoga wilayah ekowisata bisa dikembangkan juga di tempat-tempat lain.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi NTT Maria Nuban Saku, bahwa peningkatan ekonomi masyarakat tergantung masyarakatnya sendiri. Raknamo mampu membawa suasana baru dan juga air yg dapat dimanfaatkan mampu menjawab kebutuhan masyarakat yang menghantarkannya menuju sejahtera.

Mantan anggota DPRD Kabupaten Kupang ini juga mendorong warga Kabupaten Kupang agar bangkit dan semangat. Di mana visi Gubernur dan Wakil Gubernur NTT menjadikan NTT lebih sejahtera dengan hadirnya Program TJPS diharapkan bisa ditekuni masyarakat secara baik.

”Setiap proses kerja keras, kerja nyata pasti ada hasilnya. Tuhan pakai pemerintah sebagai alat untuk berkarya. Pemerintah berupaya jawab kebutuhan masyarakat seperti dalam bertani atau berkebun dengan disiapkannya alat berat, ekskavator, benih, pupuk dan obat hama tanaman. Semua diberikan dengan cuma-cuma kepada masyarakat, asalkan masyarakat siapkan lahan, tekun dan tanggungjawab pasti ada hasilnya, karena selalu ada pendampingan dr pemerintah termasuk peneliti pertanian,” ujar Maria.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kupang Korinus Masneno mengapresiasi kerja nyata Pemprov NTT yang sudah banyak membantu Kabupaten Kupang dalam banyak hal, salah satunya ekowisata Raknamo ini.

“Program TJPS Gubernur NTT relevan dengan program 5P Bupati dan Wakil Bupati Kupang. Gerakan TJPS sangat membantu sukseskan pertanian dan peternakan di Kabupaten Kupang. Saya titipkan Kabupaten Kupang kepada ibu Maria Nuban Saku untuk membantu memperjuangkan kebutuhan masyarakat kabupaten di tingkat provinsi,” ujar Masneno.

Bupati Kupang juga menambahkan, Pemprov NTT siap membantu Kabupaten Kupang 20 unit tractor. Hal ini untuk menunjang perekonomian masyarakat dan juga membantu dalam pengelolaan lahan.

Akhir sambutannya Masneno meminta agar masyarakat menjaga lingkungan sekitar Raknamo, karena dari tempat ini perekonomian masyarakat bisa teratasi jika dijalankan dengan usaha dan kerja nyata. Selain itu harus patuhi aturan sesuai ketentuan yang berlaku dalam kawasan wahana ini.

Laporan: Humas Pemkab Kupang

Pos terkait