Sejarah: Apa yang terjadi pada 2 April?

  • Whatsapp
Woodrow Wilson

Apa yang terjadi pada 2 April?

Sesungguhnya setiap hari makhluk manusia yang menghuni planet bumi melakukan sesuatu yang sifatnya berkesan. Berkesannya sesuatu itu akan menjadi bersejarah bila komunitas dan bangsa menyadarinya dan mengukirnya sebagai bagian dari ziarah hidup komunitas dan bangsa itu melalui ucapan dan tindakan tokoh tertentu yang berperan di dalamnya, pada waktu tertentu dengan memanfaatkan perangkat/perlengkapan tertentu, bahkan mendapat dukungan luas karena dipublikasikan atau langsung dalam pengalaman bersama.

Berikut beberapa catatan Achmad Desmon dalam Ensiklopedia Peradaban Dunia, sejak abad XV sampai abad XX.

Bacaan Lainnya

1453: Raja Ottoman, Mehmed II memulai pengepungan dan serangan terhadap ibukota Kekaisaran Bizantium, Konstatinopel (Istanbul). Konstantinopel akhirnya jatuh dan berhasil direbut pasukan Islan pada 29 Mei 1453.

1513: Jaun Ponce de Leon untuk pertama kali menginjakkan kakinya di tanah Florida dan juga merupakan orang pertama Eropa yang mengunjungi Florida.

1801: Pasukan Britania menghancurkan armada Denmark dalam Pertempuran Kopenhagen.

1865: Perang Saudara Amerika. Pengepungan di Petersburg berakhir. Pasukan Utara (Union) merebut parit-parit di sekitar kota Petersburg, virginia dan berhasil memukul mundur pasukan selatan (Konfederasi) bersama Jenderal Robert E. Lee

1865: Presiden Konfederasi Jefferson Davis bersama seluruh jajaran kabinetnya meninggalkan ibukota Konfederasi, Richmond Virginia.

Woodrow Wilson

1917: Perang Dunia I, Presiden AS Woodrow Wilson meminta kepada Kongres AS untuk menyatakan perang terhadap Jerman.

1930: Haile Selassie menjadi Kaisar Ethiopia.

1982: Perang Falkland, Argentina menjajah Kepulauan Falkland yang dimiliki Britania sekaligus memulai perang.

Sumber: Ensiklopedia Peradaban Dunia, Achmad Desmon

Pos terkait

Tinggalkan Balasan