Wakil Ketua DPRD Apresiasi Kinerja Pers di Kabupaten Kupang

  • Whatsapp
Politisi Nasdem Sofia Malelak - de Haan.

Oelamasi-InfoNTT.com,- Politisi Nasdem Sofia Malelak – de Haan yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang mengatakan tegaskan lembaga DPRD sangat membutuhkan media sebagai cermin berbagai peristiwa yang ada di masyarakat dalam publikasi kegiatan.

“Kinerja DPRD dapat diukur dan terukur melalui pemberitaan media, karena itu DPRD tidak bisa dipisahkan dari peliputan wartawan dan tidak boleh alergi terhadap wartawan,” ujar Sofia Malelak – de Haan, Rabu (10/02) via pesan WhatsApp.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, DPRD merupakan bagian dari penyelenggara pemerintahan daerah, yang mana berfungsi dalam pembentukan peraturan daerah, anggaran dan pengawasan. Ketiga fungsi tersebut dijalankan dalam kerangka representasi rakyat di daerah.

Oleh karena itu, DPRD dalam melakukan fungsinya sebagai penyampai aspirasi rakyat dan pengawas pemerintah, sangat membutuhkan media sebagai sarana untuk mengaktualisasikan fungsinya.

Dirinya sangat mengapresiasi media di Kabupaten Kupang yang memberi ruang bagi DPRD untuk ide, pemikiran, gagasan dalam melaksanakan fungsinya, yang mana dapat menjadi warna dari pemberitaan media.

“Kebebasan pers haruslah digunakan secara bertanggung jawab dengan menjunjung akuntabilitas etik dan moral karena dalam dunia informasi yang nyaris tanpa batas, seyogianyalah pemberitaan media lebih sensitif,” ungkapnya.

Bagi Sofia, media dalam menawarkan penjelasan dan interpretasi tentang peristiwa dan situasi haruslah berada dalam posisi yang objektif. Lembaga DPRD sangat membutuhkan media  sebagai cermin berbagai peristiwa yang ada di masyarakat dalam publikasi kegiatan.

Politisi senior NasDem Kabupaten Kupang ini berharap Pers di hari ulang tahunnya pada tanggal 9 Februari kemarin, kiranya menjadi tangan malaikat kecil yang tidak hanya memberitakan fakta, informasi, kritikan melalui pemberitaan media, tapi juga mengugah kepedulian, kepekaan dan empati pembaca untuk menemukan solusi bersama dalam merajut benang-benang penuh warna menjadi tenunan berita yang mencerahkan.

”Selamat hari pers nasional bagi teman-teman wartawan di Kabupaten Kupang. Jadilah mitra kontrol DPRD dengan tetap objektif dalam memberikan sumbangsi bagi daerah lewat tulisan- tulisannya,” ujar Sofia. (Tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan