Wakil Bupati Kupang Tinjau Pemamfaatan Dana Desa di Amfoang Barat Daya

Amfoang-InfoNTT.com,- Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe beberapa hari lalu melakukan kunjungan kerja (kunker) ke kecamatan Amfoang Barat Daya. Kunker tersebut guna meninjau pemanfaatan Dana Desa di desa-desa di Kecamatan Amfoang Barat Daya.

Pelaksanaan kunker ini sendiri terlaksana dalam kegiatan pertemuan antar Wakil Bupati dan Camat Amfoang Barat Daya Octovianus Bire beserta seluruh Kepala Desa dan BPD yang ada di Kecamatan Amfoang Barat Daya yang dilaksanakan di aula kantor camat Amfoang Barat Daya, Desa Manubelon.

Bacaan Lainnya

Setelah pertemuan tersebut, Wakil Bupati juga berkesempatan meninjau realisasi pelaksanaan kegiatan fisik yang memanfaatkan dana desa di beberapa lokasi. Dalam kunjungan tersebut Wakil Bupati juga didampingi Kepala Dinas PMD Kabupaten Kupang Charles Panie, Kasat Pol PP Kabupaten Kupang Koten Manafe dan Kabag Humas Kabupaten Kupang Martha Para Ede serta Perwakilan Inspektorat Daerah Kabupaten Kupang.

Radio Republik Indonesia (RRI) Kupang yang juga ikut dalam kegiatan Wakil Bupati tersebut dan menyiarkannya dalam acara Jembatan Aspirasi di RRI Pro 2 Kupang.

Jerry Manafe dalam kesempatan tersebut mengakui, hampir seluruh desa di Kabupaten Kupang belum sempurna memanfaatkan dana desa oleh kepala desa dan masyarakatnya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi, yaitu kurangnya SDM aparat desa serta kurang ada kerjasama di desa antara aparat desa, BPD dan masyarakat serta pihak kecamatan dan dinas PMD Kabupaten Kupang.

“Saya lihat memang hampir seluruh desa di Kabupaten Kupang ada masalah-masalah dalam memanfaatkan dana desa yang harus kita maklumi, yang disebabkan beberapa faktor, seperti kurangnya pemahaman aparat desa dalam memanfaatkan dana desa, kurang kerjasama kepala desa dengan bendahara dan BPD di desa, yang menyebabkan kurang puasnya masyarakat dalam menilai aparat dana desa memanfaatkan dana desa,” kata Jerry Manafe.

Jerry Manafe juga berharap agar pemerintah Kecamatan Amfoang Barat Daya dibantu dinas PMD Kabupaten Kupang dan Inspektorat Daerah Kabupaten Kupang dapat mengambil langkah kongkrit dan cepat dalam membantu para Kepala Desa di Kecamatan Amfoang Barat Daya memanfaatkan dana desa sesuai APBDes masing-masing.

“Saya harap setelah pertemuan ini langkah cepat segera diambil pihak-pihak terkait untuk dapat membantu pemerintah desa memanfaatkan dana desa mereka secara baik dan benar,” tutup Jerry Manafe.

Sementara itu Camat Amfoang Barat Daya Octovianus Bire melaporkan semenjak 2015 hingga tahun 2020 ada peningkatan jumlah dana desa yang cukup siknifikan di desa-desa yang ada di Kecamatan Amfoang Barat Daya.

“Total dana desa yang telah disalurkan ke desa-desa yang ada di Kecamatan Amfoang Barat Daya telah mencapai nilai 26 milyar rupiah lebih dari tahun 2015 hingga tahun 2020 ini,” kata Octo Bire.

Diakui Octovianus Bire, dari keseluruhan 4 desa di Amfoang Barat Daya belum mampu memanfaatkan dana desa secara sempurna, namun dengan dukungan berbagai pihak, hal tersebut akan diperbaiki di tahun-tahun mendatang.

Laporan: Humas Pemkab Kupang

Pos terkait