TNI Panen Perdana Sayur Bersama Masyarakat di Kebun Percontohan Yonif Raider 408/Sbh Pos Salore

  • Whatsapp

Belu-InfoNTT.com,- Anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/Sbh Pos Salore Kopda Aan Irianto bersama masyarakat di desa binaan langsung terjun ke kebun untuk melakukan panen perdana sayuran kangkung dan jagung di kebun percontohan. Tanah seluas 120 meter persegi ini dijadikan kebun percontohan Pos Salore tepatnya di dusun Tulakadi, Kecamatan Tasifeto timur Kabupaten Belu.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan Danpos Salore Letda Inf Tugiyo, Rabu (06/03/2019).

Danpos Salore Letda Inf Tugiyo kepada media ini, Rabu (06/3/2019) mengatakan, hasil panen prajurit TNI dan masyarakat tersebut merupakan upaya khusus dan pendampingan yang dilakukan Kopda Aan Irianti kepada para petani agar hasil panen bisa maksimal.

“Kami selalu menghimbaukan kepada masyarakat dan juga memberikan pendampingan kepada para petani agar segala permasalahan di lapangan dapat dicarikan solusinya untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal,” ujarnya.

Danpos juga mengungkapkan, tanaman tersebut cukup mudah ditemui di negara tropis seperti Indonesia dan negara-negara Asia. Hal ini di karenakan sayuran kangkung mempunyai kandungan vitamin yang melimpah dan telah menjadi masakan utama di restoran-restoran tertentu dan ditanam secara alami, serta bebas dari bahan-bahan kimia.

“Kangkung dan Jagung merupakan hasil komoditi pertanian yang memiliki keunggulan dari sisi ekonomi maupun kesehatan,”jelasnya.

Ditambahkannya, sayuran kangkung selain berkhasiat sebagai antioksida alami, juga memiliki khasiat menurunkan kolestrol dan telah lama di gunakan untuk penyembuhan penyakit kuning dan masalah hati. Sayuran ini juga bisa mengobati gangguan pencernaan, anti diabetes, mencegah kanker, yang sangat cocok untuk masyarakat kampung binaan yang rata-rata mempunyai kolestrol. Ditambah lagi dengan nilai ekonomi yang cukup lumayan di pasar tradisional dan supermarket.

Menurutnya, keterlibatan para Anggota Pos Salore dalam pendampingan kepada masyarakat dan petani, diharapkan dapat membantu dan memberikan motivasi yang tinggi kepada para petani untuk menggarap lahan pertaniannya.

“Keterlibatan kami ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI untuk menambah sinergitas atau kebersamaan sekaligus meningkatkan Kemanunggalan antara TNI dengan masyarakat, yang sesuai dengan slogan, yaitu TNI Kuat, Bersama Rakyat,”jelas Danpos Salore.

Kepada para petani lainnya yang ada di wilayah dataran tinggi, Danpos mengharapkan bahwa dengan adanya kegiatan panen kangkung ini, semoga dapat termotivasi atau terdorong untuk terus bersemangat dalam bertani maupun berkebun dan terus meningkatkan hasil produksi, agar tarap hidup masyarakat Desa Tulakadi menjadi lebih baik. (Tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan