Terus Berbenah, Desa Oemolo Targetkan Peningkatan PAD Lewat BUMDes di Tahun 2021

  • Whatsapp
Kepala Desa Oemolo

Kupang-InfoNTT.com,- BUMDes Oemolo, Kecamatan Amabi Oefeto Timur, Kabupaten Kupang kini sepak terjangnya perlahan mulai diperhitungkan. Di mana BUMDes yang sudah masuk tahun kelima tersebut, walaupun pasang surut namun terus berbenah dengan berbagai terobosan.

Kornelis Babis, Kepala Desa Oemolo, yang ditemui media ini, Jumat (28/5/2021), mengatakan, sejak dirinya dilantik pada Desember 2016, terus berupaya dan bekerja sesuai dengan visi dan misi pada awal pencalonan.

Bacaan Lainnya

Dirinya ingin mewujudkan masyarakat Desa Oemolo yang sehat, cerdas dan sejahtera. Artinya masyarakat sehat jika ada air, dan sejahtera juga jika ada air. Semuanya butuh komitmen yang tulus dalam melayani, salah satunya lewat BUMDes.

“Saya akui BUMDes sedikit tersendat di tahun 2017, 2018 dan 2019, namun tahun 2020 kemarin kita revisi badan pengurus sehingga bisa berjalan dengan baik. Sesuai dengan pengamatan saya sebagai pemimpin di Oemolo, BUMDes mulai bekerja dengan baik, walaupun hanya berapa bulan saja, tapi pendapatan tahun 2020 8 juta rupiah,” ungkapnya.

Kornelis juga optimis tahun 2021 ini BUMDes bisa lebih maju dengan penyertaan modal 100 juta rupiah yang ada. Ini akan dikembangkan supaya tetap meningkat.

“Contoh tahun 2020 PAD hanya 1,6 juta. Saya akui itu rendah, tapi karena hanya kerja beberapa bulan saja. Sehingga di tahun 2021 ini kalau bisa lebih meningkat lagi, karena mulai star dari Januari sampai Desember, dan PADnya meningkat,” ujarnya.

Sedangkan untuk jalan yang rusak, tentu jalan tersebut adalah jalan kabupaten jadi tidak bisa dipaksakan dari dana desa. Masyarakat akan swadaya untuk gotong royong kerjakan jalan tersebut sepanjang 200 meter.

”Saya sudah koordinasi dengan camat dan masyarakat untuk gotong royong kerja rabat. Saya tidak mau juga berkomentar banyak karena status jalan adalah jalan kabupaten. Intinya bahwa air bersih dan infrastruktur jalan bisa jadi baik dan roda ekonomi bisa membaik di tahun 2022 nanti,” tandasnya.

Laporan: Nifred Affi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan