Tak Sekedar Mimpi, Desa Nekmese Terus Bergerak Maju dengan Berbagai Terobosan dan Inovasi

  • Whatsapp

Amarasi-InfoNTT.com,- Desa Nekamese, Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang merupakan satu dari sekian banyak desa di wilayah Kabupaten Kupang yang saat ini tengah berupaya berinovasi dengan program-program sehat menuju desaandiri dan moderen.

Fakta ini terbantu dengan adanya beberapa program pembangunan yang sudah berjalan dan tengah berjalan di Desa Nekmese. Semua dilakukan oleh Kepala Desa Nekmese, Krisma Jems Baok sejak menjabat, demi melihat kampung kelahirannya tidak kalah saing dengan desa lainnya.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Nekmese

Ditemui di ruang kerjanya, Kamis (27/07/2020) siang, Krisma Baok menuturkan, salah satu program yang berhasil dan masih dirasakan manfaatnya adalah air bersih, yang dulunya harus bersusah paya mencari air, sekarang sudah langsung menjangkau ke rumah-rumah warga.

Selain itu ada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes ) Desa Nekamese dengan bidang usaha mini market SEHATI, yang hingga hari ini masih beroperasi dengan menjual kebutuhan pokok masyarakat, baik dari kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan lainnya.

Sedangkan di depan mini market, dipasang pertamina mini milik yang Pemerintah Desa Nekmese yang juga di kelolah oleh BUMDes. Pertamina mini ini untuk membantu warga dalam mengisi BBM, agar tidak harus pergi ke kota lagi.

“Keunggulan dari pertamina ini walaupun dengan kapasitas yang mini, tetapi sanggup memenuhi kebutuhan kendaraan-kendaraan baik itu roda 2 dan juga 4 yang ada di Desa Nekmese,” ujar Kades.

Pertamina mini di depan mini market SEHATI yang di kelolah oleh BUMDes Nekmese

Selain itu, ada terobosan lain untuk generasi muda Desa Nekmese, di mana agar meningkatkan bakat anak-anak, maka sedang dalam proses pengerjaan satu lapangan mini dengan fasilitas penunjang yang lengkap. Pekerjaan lapangan sementara tertunda karena pandemi covid-19, dan akan dilanjutkan sesuai aturan da regulasi yang sudah ada ketika keadaan mulai pulih kembali.

“Kami juga sementara menata kondisi kantor desa, yang dimulai dari pagar dan juga taman. Tujuannya agar aparat desa yang melakukan aktivitas bisa nyaman dengan suasana kantor dan juga wajah kantor desa bisa terlihat indah dan rapih,” jelasnya.

Salah satu saluran air bersih yang mengalir ke rumah-rumah warga Desa Nekmese

Krisma juga mengucapkan terimakasih kepada Presiden RI Jokowi Widodo atas semua program yang sudah membantu masyarakat baik itu dalam pembangunan maupun sumber daya. Memang semuanya perlahan mulai berubah, contohnya Desa Nekmese yang dulunya tidak mampu berinovasi, akhirnya mulai nampak anggun dengan polesan di sudut-sudut desa.

“Saya bisa katakan, sejauh ini mungkin Desa Nekmese menjadi salah satu desa di Kecamatan Amarasi Selatan yang sukses mengelola dana desa,” ungkap Kades.

Menurut Krisma, suksesnya pengelolaan dana desa karena proses adaptasi yang cukup cepat, mulai dari awal persiapan administrasi, penyaluran, pengelolaan hingga pertanggungjawaban dilaksanakan tepat waktu dengan tetap jeli melihat setiap item pekerjaan, baik fisik maupun non fisik agar tidak terjadi kesalahan yang mengakibatkan dampak hukum.

Saya bersama jajaran aparat desa sudah dipercayakan dan diberikan wewenang oleh masyarakat dan Negara untuk melakukan perencanaan, pengelolaan, dan pelaksanaan pembangunan menggunakan dana desa, dan disesuaikan dengan standar perkotaan. Tentu kami lakukan semua ini untuk rakyat, dengan selalu menyampingkan kepentingan pribadi atau kelompok,” pungkasnya.

Laporan: Jimi Kapitan

Editor: Chris Bani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan