Swakelola Murni, Pemerintah Desa Oeniko Buka Akses Jalan Baru Sebagai Penghubung

  • Whatsapp
Kepala Desa Oeniko sementara memantau pekerjaan pembukaan jalan baru

Kupang-InfoNTT.com,- Dalam kegiatan tahun 2020 ini, Pemerintah Desa Oeniko, Kecamatan Amambi Oefeto Timur, Kabupaten Kupang memiliki sasaran kegiatan yang luar biasa bagi warga, salah satunya pembukaan jalan baru antara Desa Oeniko dan Desa Oenuntono yang rencananya jalan tersebut akan menjadi jalan alternative kedepannya.

Kepala Desa Oeniko Yohanis Siki yang diwawancarai, Senin (09/11/2020) menjelaskan, pembukaan jalan baru antar desa tersebut tepatnya di Dusun dua Oeniko dan Dusun tiga Oenuntono. Di mana anggrana yang dipakai sebesar Rp. 56.453.000-, yang bersumber dari Dana Desa Oeniko Tahun 2020.

Bacaan Lainnya

“Dalam perencanaan lebar jalan 4,5 meter dengan panjang 2000 meter, namun yang terealisasi hanya 1.600 meter, dan anggrana pun Ada kelebihan sebesar 10 juta rupiah lebih. Dana sisa ini akan jadi Silpa nantinya,” ungkap Kades Oeniko.

Dirinya menjelaskan, jalan baru ini bertujuan untuk membuka akses usaha bagi warga di dua desa, serta memikirkan persoalan covid-19 yang mana pemerintah desa berpikir agar adanya kegiatan yang sifatnya swakelola murni agar masyarakat juga bisa ikut menikmati dana desa.

Selain itu, menurut Kades Oeniko, pembukaan jalan baru ini sebagai salah satu sarana pendukung untuk para petani di Oeniko dan Oenuntono dalam mengelola perkebunan mereka. Sehingga, dengan adanya jalan ini dapat mempermudah akses para petani dalam mengelola hasil pertanian mereka. Seperti, mengangkut hasil panen.

“Tanah yang dibuka ini juga milik salah satu suku di Oeniko. Jadi nanti setelah jadi akan dipatok bagi warga yang belum memiliki tanah agar bisa tinggal dan mengelolah tanah tersebut. Ini sebagai wujud gotong rorong serta saling menebar kepedulian antar sesama di Desa Oeniko,” ujarnya.

Kepala Desa Oeniko sementara memantau pekerjaan jalan

Salah satu warga setempat yang enggan namanya disebutkan mengucapkan terimakasih kepada pihak pemerintah Desa Oeniko dalam melakukan pembukaan jalan baru ini.

“Pastinya, saya sangat senang, karena jalan baru ini akan mempermudah kami warga setempat dalam bertani dan mencari kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Laporan: Chris Bani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan