Sosialisasi Hukum di Kupang Barat, Pengadilan Negeri Oelamasi Luncurkan Program Hakim Masuk Desa

  • Whatsapp
Ketua PN Oelamasi, Decky Arianto Safe Nitbani, SH.,MH, saat memberikan materi bagi para kepala desa dan lurah di Kantor Camat Kupang Barat.

Kupang-InfoNTT.com,- Pengadilan Negeri Oelamasi melaksanakan kegiatan sosialisasi materi hukum pada program “Hakim Masuk Desa”, Rabu (16/6/2021) siang di aula kantor Kecamatan Kupang Barat.

Kegiatan ini merupakan suatu program unggulan Pengadilan Negeri Oelamasi dalam rangka membangun zona integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua PN Oelamasi, Decky A.S. Nitbai, SH.,MH, yang dihadiri oleh tim dari PN Oelamasi dan juga Camat Kupang Barat dan seluruh jajarannya serta seluruh Lurah dan Kepala Desa juga para perangkat dari 10 desa dan 2 kelurahan yang ada di wilayah Kupang Barat.

Dalam sambutannya, Decky Nitban menyampaikan bahwa dipilihnya lokus program Hakim Masuk Desa di Kecamatan Kupang Barat, karena cukup tingginya kasus hukum yang terjadi di kecamatan ini, sehingga Pengadilan Negeri Oelamasi secara moril institusional terpanggil untuk memberikan pengetahuan hukum yang benar dan proposional bagi aparatur dan masyarakat di kecamatan ini.

Camat Kupang Barat dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa dirinya manyambut baik kegiatan ini dan memberi apreasi kepada PN Oelamasi yang telah membuka diri dan menambah wawasan hukum bagi SDM yang ada di wilayahnya.

Acara kemudian berlangsung diskusi bersama para kepala desa yang banyak menyoroti tentang permasalahan keperdataan khususnya tentang hak atas tanah dan juga banyak lagi yang diungkapkan oleh aparatur. Pertanyaan peserta dijawab dengan lugas dan sesuai kaidah hukum oleh Ketua, Panitera dan Panmud perdata dan hukum yang hadir juga dalam acara ini.

Kegiatan berlangsung sekitar 2 jam. Nampak antusias serta interaksi yang terjadi, dan banyak masukan serta harapan dari aparatur desa, agar program Hakim Masuk Desa ini dapat terlaksana secara kontinyu di kecamatan – kecamatan lainnya karena sangat bermanfaat.

Kegiatan ini merupakan terobosan inovatif dan komunikatif di bidang hukum, dengan datang langsung dan mendengarkan serta ada solusi langsung yang praktis bagi masalah-masalah yang dialami oleh aparatur dan masyarakat di desa.

Decky Nitbani menyambut baik harapan tersebut, karena program ini akan terus berjalan dan PN Oelamasi siap melayani aparatur dan masyarakat yang ingin berdiskusi tentang masalah hukumnya.

Acara kemudian ditutup dengan foto bersama. Kegiatan berlangsung damai dan tetap menjaga protokol kesehatan covid-19.

Laporan: Humas PN Oelamasi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan