Songsong HUT RI dan Pelantikan, DPD BAPERA NTT Selenggarakan Aksi Donor Darah

  • Whatsapp
Donor darah BAPERA NTT

Kupang-InfoNTT.com,- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Barisan Pemuda Nusantara (BAPERA) Nusa Tenggara Timur menyelenggarakan kegiatan aksi Donor darah, Sabtu (08/08/2020) di Aula PMI Provinsi NTT – Kota Kupang.

Daniel Penggarera, Wakil Ketua Bidang Oraganisasi Keanggotaan dan Kaderisasi BAPERA NTT mengatakan, kegiatan ini selain untuk persiapan pelantikan badan pengurus BAPERA NTT, juga menyosong Hari Kemerdekaan RI Tahun 2020.

“BAPERA NTT melakukan kegiatan perdana untuk aksi donor darah ini. BAPERA NTT juga akan dikukuhkan di bulan Oktober mendatang, dan kegiatan donor darah ini akan menjadi program kerja dari BAPERA NTT setiap 6 bulan sekali,” ungkapnya.

Daniel Penggarera juga menjelaskan bahwa aksi ini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian sosial terhadap sesama, terutama dalam bidang kesehatan dan juga untuk mensosialisasikan pentingnya donor darah bagi masyarakat.

“Ini sebagai bentuk kita saling berbagi ketika bangsa ini dalam keadaan sakit yang mana sedang dilanda pandemic Covid -19,” ujar Daniel.

Koordinator Donor darah BAPERA NTT, Gonzalves mengatakan, jumlah pendonor dalam kegiatan donor darah ini sebanyak 35 orang, dengan rincian 25 orang berhasil mendonorkan darahnya dan 15 orang belum diloloskan, karena sebagian besar tensi atau tekanan darah serta kadar Hemoglobin kurang memenuhi kriteria, sehingga dikhawatirkan jika dipaksakan akan berbahaya bagi pendonor.

“Secara keseluruhan, kegiatan donor darah kali ini berjalan lancar. Harapan di kegiatan donor darah mendatang dapat berjalan lancar pula dan antusias teman teman Penggurus DPD dan panitia Bapera serta kesadaran anggota untuk berdonor darah harus lebih meningkat dari yang pertama ini,” ujarnya.

Yuni Tefa salah satu pendonor berharap agar kegiatan ini menjadi embrio dari peningkatan kegiatan BAPERA NTT. Para pendonor juga tentu sangat bahagia karena sudah bisa berkontribusi bagi sesama.

“Walaupun baru sekali tapi saya sebagai pendonor merasa sangat penting dan bermanfaat bagi diri sendiri dan tentu bagi orang lain juga,” ungkap Yuni.

Sedangkan dr. Samson Ehe, SsPK, Kepala UPT (Unit Transfusi Darah) PMI NTT dalam kesempatan tersebut mengajak BAPERA NTT untuk menjadi mitra PMI dalam memenuhi kebutuhan darah, melalui kegiatan donor darah rutin setiap 3 bulan sekali, karena donor darah memiliki manfaaf yang sangat baik untuk kesehatan sekaligus menolong orang lain.

“Saya mengajak BAPERA NTT untuk menjadi agen dalam mengkampanyekan aksi donor darah sebagai gaya hidup sehat. Saya juga terima kasih kepada DPD BAPERA NTT atas aksi kemanusiaan, dan berharap kegiatan tidak hanya hari ini tetapi harus berlanjut kedepan,” pungkas dokter Samson.

Laporan: Chris Bani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan