SMP Negeri Batuputih Telah Selesai Mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer Tahun 2021

  • Whatsapp
Para guru dan siswa siswi SMP Negeri Batuputih foto bersama usai mengikuti ANBK tahun 2021.

Batuputih-InfoNTT.com,- Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2021 merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan melihat input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Hal ini kemudian diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran yang merujuk pada keterampilan numerasi, literasi, lingkungan dan karakter pelajar pancasila.

Bacaan Lainnya

SMP Negeri Batuputih salah satu sekolah yang telah selesai melaksanakan ANBK Hari Pertama dan Kedua dengan dua sesi. Pelaksanaan ANBK ini berlangsung selama dua hari yang diikuti oleh 45 siswa terpilih oleh Kemdikbudristek, yaitu pada tanggal 04 dan 05 Oktober 2021 dengan Moda Pelaksanaan Semi Online, Stutus Pelaksanaan Mandiri dan Ditumpangi.

Pelaksanaan ANBK diuji dengan hari pertama yakni topik tes literasi dan hari kedua topik tes numerasi. Sedangkan survei lingkungan belajar dilaksanakan oleh tenaga pendidik.

Seluruh peserta didik yang terlibat proses pelaksanaan ANBK dilakukan dengan mematuhi aturan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, cek suhu tubuh. Pra pelaksaan ANBK juga dilakukan penguatan kepada peserta didik untuk meningkatkan latihan soal ANBK agar lebih terampil.

Kepala Sekolah SMP Negeri Batuputih, Edison M. S. Boimau, S.Pd., menuturkan, melalui Asesmen Nasional dapat memperbaiki kualitas belajar mengajar dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di SMP Negeri Batuputih. Hal ini sejalan dengan tujuan utama Kemdikbudristek dalam misi penyelenggaraan ANBK sebagai tolak ukur sejauh mana progres kualitas dari satuan pendidikan.

Proktor ANBK sekolah merangkap Tim Teknis Kabupaten TTS yakni Ferison A. Fallo, S.Pd., menyampaikan bahwa pelaksanaan ANBK 2021 di SMP Negeri Batuputih berjalan aman, lancar tanpa kendala. Seluruh peserta, pengawas dan panitia menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Kegiatan juga dipantau oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan ada juga kunjungan dari LPMP Provinsi NTT.

Laporan: Tim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan