SMP Negeri Batuputih Laksanakan Simulasi UNBK 2020 Selama 3 Hari

  • Whatsapp
Situasi pada saat simulasi UNBK di SMP Negeri Batuputih

Batuputih-InfoNTT.com,- SMP Negeri Batuputih memasuki hari kedua simulasi atau gladi bersih pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tahun pelajaran 2019/2020 yang diikuti oleh 83 siswa SMP Negeri Batuputih, Senin (02/03/2020) pagi di ruang laboratorium komputer SMP Negeri Batuputih.

Sesuai juknis dan pos pelaksanaan UNBK tahun 2020 yang dikeluarkan oleh Kemendikbud Republik Indonesia dalam hal ini BNSP, sudah menetapkan jadwal UNBK tingkat SMP/MTs. Untuk menghadapi hal tersebut berbagai upaya dilakukan oleh satuan pendidikan terhadap peserta didiknya, seperti pengayaaan mata pelajaran yang diujiankan, try out dan juga kegiatan simulasi atau gladi bersih.

Kepala Sekolah SMPN Batuputih, Edison M. S. Boimau, S.Pd mengatakan, simulasi dan gladi bersih ini pertama kali digelar di SMP Negeri Batuputih, Desa Oebobo, Kecamatan Batuputih, Kabupaten TTS. Baru pemula dalam pelaksanaan ujian UNBK ini, tetapi pihak SMP Negeri Batuputih telah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dengan matang yakni alat pendukung seperti genset serta kualitas komputer, agar dapat mempermudah siswa menghadapi UNBK.

Ditambahkannya, SMP Negeri Batuputih akan melakukan simulasi ini selama tiga hari, yang dimulai pada Senin (2/3/2020) kemarin, hingga Rabu (4/3/2020). Selain gladi bersih UNBK, juga diperkenalkan kepada siswa dan guru-guru tentang Assesment Kompetensi Minimal (AKM) yang akan diterapkan tahun mendatang yang dicanangkan sebagai ganti dari pelaksanaan Ujian Nasional.

SMP Negeri Batuputih sendiri lakukan simulasi ini dengan 3 sesi dalam satu ruangan dengan fasilitas disediakan 30 client dan 2 server. Sesi  pertama diikuti oleh 29 orang siswa, Sesi kedua diikuti oleh 30 orang siswa, Sesi ketiga diikuti oleh 24 orang siswa. Para siswa diarahkan oleh dua orang tenaga teknisi dan protoktor serta dua orang pengawas dari guru.

Para pelaksana UNBK SMP Negeri Batuputih optimis bahwa pada pelaksanaan simulasi UNBK ini tidak mengalami kendala apapun. Pelaksanaan simulasi berjalan dengan lancar, baik server maupun komputer, klien hingga peserta tidak mengalami kendala apapun, karena sebelumnya telah dilakukan sinkronisasi server dari pusat pada hari Minggu (01/03/2020).

“Puji Tuhan, walau proses sinkronisasi server dari pusat sempat terhambat pada Sabtu (29/2), dan kami lanjutkan hingga Minggu, semuanya tuntas kami tangani bersama teknisi dan proktor lainnya, dan pelaksanaan simulasi atau Gladi Bersih UNBK tahap satu ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Anak-anak juga sudah diarahkan cara melakukan login dan pengisian biodata pada CBT exambro UNBK,” ungkap Rano Malailak, salah satu Proktor SMP Negeri Batuputih.

Untuk diketahui bersama bahwa pada hari pertama, simulasi atau gladi dilaksanakan untuk mata pelajaran Bahasa Inggris. Hari kedua mata pelajaran Matematika dilanjutkan dengan pengenalan AKM selama 45 menit dan Angket 30 menit. Hari ketiga akan direncanakan dengan simulasi AKM bagi guru-guru semua mata pelajaran.

Rilis by: Ferison Agrianto Fallo,S.Pd 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan