SMP Negeri 1 Fatuleu Tengah, Sekolah Berbudaya Lingkungan

  • Whatsapp
Salah satu sudut di kebun sekolah SMP Negeri 1 Fatuleu Tengah

Oelamasi-infontt.com,- Selamat Datang di Sekolah Berbudaya Lingkungan SMP Negeri 1 Fatuleu Tengah. Memasuki pintu gerbang sekolah, kita disambut pepohonan dan bunga-bungaan di kiri-kanan jalan lingkungan sekolah.

Sebuah taman nan asri langsung menyapa dengan berbagai keindahan tanaman. Beberapa tempat duduk terletak di samping pepohonan, menambah kenyamanan sekaligus menggoda bagi siapapun untuk singgah sejenak.

Sapaan pertama tatkala kita menjejakkan kaki di sekolah ini menyuratkan pengelolaan sekolah tertata rapi, baik, bersih, dan hijau.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Fatuleu Tengah, Albert Babu, ketika dikonfirmasi oleh infontt.com (13/06) mengatakan, Penanaman nilai-nilai edukasi bukan hanya didukung dari kegiatan belajar mengajar di kelas saja, kurikulum berbasis lingkungan pun ikut andil memajukan prestasi sekolah ini.

“Harus sejak dini kita mengajarkan jati diri kehidupan didaerah kita ini, tidak perlu malu untuk bertani, karena dasarnya kita semua di Fatuleu ini berasal dari keluarga petani,” ungkap Albert yang dikenal murah senyum ini.

Ia melanjutkan, kebun sekolah ini dibangun diatas lahan seluas kurang lebih 1500 meter persegi. Di kebun sekolah ini ditanami berbagai macam jenis pisang dan umbi.

“Di kebun sekolah ini terdapat berbagai macam pisang dan ubi, ada juga tempat duduk atau anak kota biasa sebut tempat nongkrong. Fungsinya untuk siswa ketika jam istirahat bisa duduk-duduk di sini, dan pola inilah yang tanpa mereka sadari mereka sudah menyatu dengan alam,” katanya.

Salah satu sudut di kebun sekolah SMP Negeri 1 Fatuleu Tengah
Salah satu sudut di kebun sekolah SMP Negeri 1 Fatuleu Tengah

Albert berharap agar ke depannya semua sekolah di Nusa Tenggara Timur, khususnya Kabupaten Kupang bisa mengedepankan budaya lingkungan yang sehat, disamping untuk mengembangkan potensi pertanian siswa juga diajarkan untuk mengenal alam dan mencintai alam mereka sendiri.(*Chris Bani)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan