Semakin Mengkuatirkan, Jembatan Termanu Belum Diakomodir Pada Tahun Anggaran 2019

  • Whatsapp

Amfoang-InfoNTT.com,- Jembatan Termanu yang menjadi penghubung transportasi antara Kecamatan Sulamu, Fatuleu Barat dan wilayah Amfoang lainnya kembali mengkuatirkan. Hal ini diungkapkan Camat Amfoang Barat Daya, Oktovianus Bire, S.Sos, Jumat (22/03/2019), kepada media InfoNTT.com usai rakor bersama para kades.

Bacaan Lainnya

Dari daftar paket bidang jalan di Kabupaten Kupang yang didapat oleh kecamatan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Nusa Tenggara Timur, jembatan tua tersebut belum terakomodir pada anggaran Tahun 2019.

Menurut Bire, kondisi jembatan tersebut sangat memprihatinkan, di mana pada badan jembatan sudah mengalami kemiringan tiang yang drastis, serta rel kayu yang sudah lapuk dan terlepas. Sehingga apabila pada musim penghujan bisa mengakibatkan luapan air dan mautan beban yang berat, maka rawan sekali terjadi ambruk pada jembatan tua tersebut.

“Jembatan Termanu saat ini dianggap sangat membahayakan pengguna, selain kemiringan, papan-papannya sudah berlubang sementara pangkuannya juga sudah jebol, hal itu apabila ada hujan dan luapan air maka kita tidak bisa mempergunakan lagi”, ungkap Camat Bire.

Selanjutnya dirinya mengatakan, dengan kondisi jembatan tersebut sudah seharusnya menjadi skala prioritas pembangunan, di mana jembatan tersebut menjadi akses transportasi utama masyarakat di wilayah Amfoang.

Pada waktu yang bersamaan, Pelaksana tugas Camat Amfoang Utara, Ambros Nenobais menuturkan hal yang sama bahwa jembatan tersebut adalah salah satu akses penyebrangan darat bagi masyarakat dari segala aktivitas profesi di beberapa wilayah.

Ambros juga menambahkan, terkait kondisi jembatan yang darurat tersebut, perlu didukung dengan ketersediaan tranportasi laut, sehingga keperluan masyarakat dapat terkoneksi dengan kota tetap berjalan baik. Hal ini ditambah lagi dengan kurangnya operasi kapal Fery yang bersandar di dermaga Naikliu.

Adapun harapan yang diinginkan para Camat ini kepada Pemprov NTT agar dapat memperhatikan, memprioritaskan pembangunan dan memperbaiki jembatan tersebut. Jika tidak segera ditindaklanjuti kondisi jembatan Termanu maka ke depan terjadi hal yang tidak diinginkan maka Amfoang akan semakin terisolir.

Laporan: Rocky Tlonaen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan