Sekretaris Golkar NTT Lulus Ujian Terbuka Promosi Doktor Dengan IPK 3,69

Kupang-infontt.com,-  PENGUATAN POLITIK HUKUM AFFIRMATIVE ACTION UNTUK MENINGKATKAN REPRESENTASI PEREMPUAN DI LEGISLATIF.  Disertasi ini menawarkan novelty atau temuan terbaru soal model affirmative action untuk menigkatkan representasi perempuan di legislatif yang diberi nama Reserved seats atau Blocking seats dengan rekayasa teknis pemilu atau Elektoral engenering.

Ini penemuan terbaru yang berbeda dengan sistem affirmasi yang selama ini berlaku di Indonesia.  Dan ini merupakan disertasi dari Dr. Inche D. P. Sayuna, S.H, M. Hum, M. Kn yang baru saja sukses mengikuti ujian promosi doctor ilmu hukum di Universits Sebelas Maret Surakarta, Kamis (2/11/2017).

Bacaan Lainnya

Menurut Inche, sistem affirmasi yang selama ini berlaku hanya menjamin proses pencalonan perempuan dan tidak menjamin hasil pemilihan. Sedangkan model yang ditawarkan melalui reserved seats/blocking seats ini menjamin hasil pemilihan. Siapapun yang terpilih pasti perempuan dan angka minimal 30 persen pasti tercapai, dan ujian terbuka promosi doktor ini diuji oleh Sembilan professor.

Jack Paskalis, Kordinator Wilayah NTT DPP Partai Golkar yang hadir dalam acara ini turut menyampaikan apresiasi atas pencapaian Inche Sayuna yang juga saat ini menjabat sebagai Sekretaris DPD Golkar NTT.

“Kemarin promosi Doktor Inche sayuna di Universitas Sebelas Maret Surakarta Jawa Tengah. Sebagai DPD I kami apreseasi pencapaian Bu Inche sebagai akademisi dan saat ini sebagai Sekertaris DPD I memberi perhatian besar kepada pengembangan potensi perempuan,”ujar Jack.

Sedangkan Ketua DPD I Golkar NTT, Emanuel Melkiades Laka Lena turut mengucapkan proficiat kepada Inche Sayuna . Menurut Melki, dengan ini Golkar NTT mendapat banyak masukan positif dari Disertasi Doktor Inche Sayuna dalam berbagai aktifitas kepartaian kedepan.

“Selamat ya buat Ibu Inche sayuna  yang lulus dengan IPK 3,69 dan berpredikat sangat memuaskan. Ini artinya DPD Golkar NTT sekretarisnya sama seperti di DPP yakni pak Idrus Marham yang juga seorang doktor,”ujar Melki yang juga salah satu kandidat Wakil Gubernur NTT periode 2018-2023.(Chris Bani)

Pos terkait