Sebanyak 65 Orang Guru di Kab. Kupang Ikut Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia

  • Whatsapp

20160407_091202Kupang, infontt.com. Sebanyak 65 Orang Guru yang terdiri dari Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs, dan Juga Guru Sekolah dasar di Lingkup Kab. Kupang, siang tadi (07/04/2016) mengikuti sosialisasi dan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) yang bertempat di Hotel Romytha Kupang.

Hadir dalam Kegiatan tersebut dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Indonesia Kemdikbud, Kasubid  Pedoman dan Acuan, Atkah Solihah, M.Pd.

Dalam Sambutannya, Atikah Mengatakan bahwa Program Sosialisasi dan Uji Kemahiran Bahasa Indonesia ini sebagai langkah awal dalam proses menginternasionalkan Bahasa Indonesia. Lebih lanjut, dikatakan bahwa, setiap lembaga pendidikan, mulai dari Pendidikan Dasar hingga Menengah, sudah seharusnya memiliki standar kemahiran Berbahasa Indonesia yaitu UKBI. Atikah juga menjelaskan bahwa Uji Kemahiran yang diselenggarakan ini bukanlah seperti ujian-ujian lain yang bertujuan menggali kemampuan seseorang, akan tetapi merupakan suatu cerminan terhadap kemahiran Berbahasa Indonesia yang dimilik seorang Guru.

Sementara itu, Kepala Dinas PPO, Kab. Kupang, yang diwakili oleh Sekretaris Dinas PPO Kab Kupang, Eliasar Teuf, M.Pd berkenan membuka secara resmi Acara tersebut.

dalam Sambutannya, Eliasar Teuf, M.Pd menguraikan pentingnya budaya literasi untuk menunjang kemahiran berbahasa Indonesia. Pejabat yang adalah mantan guru Fisika ini secara tegas mengingatkan para peserta UKBI agar sudah sepantasnya seorang guru memperkaya diri dengan mengembangkan budaya literasi. Dengan budaya baca tulis, otomatis seseorang akam memiliki kemahiran bahasa yang baik. Eliaser juga menguraikan bahwa Bahasa Indonesia yang dituturkan semestinya memiliki dua unsur. Baik dan Benar..baik yang dapat dipahami oleh orang lain, dan benar yang sesuai dengan kaidah bahasa yang telah ditetapkan.

Kegiatan Uji Kemahiran berbahasa ini, dibagi di dalam beberapa seksi diantaranya, Seksi I Mendengarkan, Seksi II Merespons Kaidah, Seksi II Menulis, dan Seksi IV Berbicara. Masing-masing seksi dengan soalnya tersendri,   Kegiatan tersebut berlangsung satu hari. Peserta yang hadir akan mendapatkan sertifikat yang memuat nilai perolehan saat mengikuti ujian tersebut.  (dn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan