Polres Kupang Laksanakan Upacara Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranakah 2021

  • Whatsapp
Foto bersama usai Upacara Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranakah 2021 (05/5).

Kupang-InfoNTT.com,- Bupati Kupang, Korinus Masneno memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Ranakah Tahun 2021, Rabu (05/5/2021) sore, di lapangan merah Polres Kupang.

Pantauan media ini, kegiatan diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh Inspektur Upacara, dilanjutkan dengan penyematan pita tanda dimulainya Operasi Ketupat Ranakah 2021, kepada anggota perwakilan.

Bacaan Lainnya

Pada Gelar Pasukan tersebut, Bupati Kupang membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si yang intinya menyampaikan, bahwa apel gelar pasukan dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir pelaksanaan Operasi Ketupat 2021, dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, baik aspek personil maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya.

Mengakhiri sambutan, Bupati Kupang mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa dan selamat menyambut hari Raya Idul Fitri 1442 H, dan memohon maaf lahir batin kepada seluruh personil pengamanan. Bupati berharap semoga pengabdian dilaksanakan secara ikhlas akan menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

“Sebagai Polri yang diberikan amanat dalam menjaga harkamtibmas, mengimbau masyarakat Kabupaten Kupang, agar tetap mematuhi protokol kesehatan dalam setiap aktifitas, dan mengajak, menjelang hari raya idul Fitri 1442 H untuk menahan diri, tidak mudik pada tanggal 6 Mei sampai dengan 17 Mei 2021,” ungkap Bupati Kupang.

Paur Humas Polres Kupang Aipda Lalu Randy, kepada media ini, menjelaskan sasaran pengamanan dalam Operasi Ketupat 2021 tersebut adalah orang maupun aktivitas masyarakat menjelang perayaan Idul Fitri dan diakhir bulan suci Ramadan serta pelarangan mudik lebaran.

Selain itu, akan ada patroli gabungan secara periodik untuk memastikan tidak terjadi kerumunan di sentra perekonomian dan keramaian, sekaligus lakukan imbauan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Untuk mendukung operasi ini Polres Kupang telah mendirikan 1 pos pelayanan terpadu di pelabuhan Bolok, pos pengamanan dan pos pantau Covid-19 di simpang Oesao,” ujar Randy.

Operasi Ketupat 2021 ini akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai hari Kamis tanggal 06 hingga 17 Mei 2021, secara serentak di seluruh Indonesia.

Upacara Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranakah Tahun 2021 ini dalam rangka mewujudkan sitkamtibamas yang kondusif, serta memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan merayakan idul Fitri 1442 H di tengah masa pandemi Covid- 19 Tahun 2021.

Bertindak selaku Inspektur upacara Bupati Kupang Drs. Korinus Masneno serta di dampingi oleh Kapolres Kupang AKBP Aldinan R.J.H Manurung, SH, SIK, M.Si, Komandan Upacara Ipda Muslikhan Sara SH, Perwira Upacara Kabag Ops Polres Kupang AKP Osman Hendaru, S.Ip.

Para pasukan yang hadir, yakni 1 Pleton Perwira Polres Kupang, 1 Pleton Kodim 1604, 1 Pleton Dalmas Polres Kupang, 1 Pleton Sat Sabhra Polres Kupang, 1 Pleton Sat Lantas Polres Kupang, 1 Pleton Staf Gabungan Polres Kupang, 1 Pleton Polsek Jajaran Polres Kupang, 1 Pleton Sat Intelkam Polres Kupang, 1 Pleton Sat Reskrim & Narkoba Polres Kupang, 1 Pleton Basarnas Cabang Kupang, 1 Pleton Dinas Perhubungan Kabupaten Kupang, 1 Pleton Sat Pol – PP Kabupaten Kupang dan 1 Pleton Ranmor Operasi.

Hadir dalam upacara gelar pasukan ini, antara lain Dandim 1604, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang, Ketua Pengadilan Negeri Oelamasi, Kepala Basarnas Cabang Kupang, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kupang, Kepala Sat Pol PP Kabupaten Kupang, Para PJU Polres Kupang, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan para tamu undangan.

Laporan: Humas Polres Kupang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan