PGRI Kabupaten Kupang Tanggap Bencana Badai Siklon Tropis Seroja

  • Whatsapp

Mama, yang saya pakai ini juga (sambil memegang baju kaos yang dipakai) pemberian dari orang-orang yang peduli. Semua surat berharga dan semua SK juga terbawa banjir. Terima kasih mama untuk bantuannya.” Demikian pernyataan  Willy Kotten, salah satu Guru SMP Negeri 1 Kupang Tengah Kabupaten Kupang kepada Ketua PGRI Kabupaten Kupang, Ribka Kekado.

Pernyataan Willy Kotten kiranya mewakili 115 orang guru di Kabupaten Kupang yang terdampak badai siklon tropis Seroja. Mereka tersebar di hampir semua kecamatan dalam wilayah Kabupaten Kupang.

Bacaan Lainnya

Dari kiriman foto-foto dalam WhatsApp Grup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Pengurus PGRI Kabupaten Kupang, sangat nyata dimana para guru didera kesulitan dan kepahitan ini. Banyak gedung sekolah terbongkar atau tertindih pohon yang tumbang, dan lain-lain hal yang menggambarkan kerusakan.

Pengurus PGRI Kabupaten Kupang, Ribka Kekado dimotori sang “Kartini” Ribka Kekado telah menyikapi secara cepat situasi bencana hujan disertai angin yang berakhir dengan badai siklon tropis Seroja yang menerjang wilayah Nusa Tenggara Timur, dimana di antaranya beberapa guru di Kabupaten Kupang terdampak bencana ini. PGRI Kabupaten Kupang meminta sikap solidaritas para anggotanya. Hal ini direspon sangat positif oleh para anggota melalui donasi yang disampaikan melalui Posko Peduli Korban Bencana PGRI Kabupaten Kupang.

Posko Peduli Korban Bencana PGRI Kabupaten Kupang telah menerima sumbangan dari para guru di antaranya, 470 kg beras, mi instan 49 dos, air mineral 45 dos, gula pasir 50 kg, minyak goreng 11 liter dan, pakaian layak pakai 3 karong. Ada pula yang menyumbang berupa uang tunai, yakni sebesar Rp5.800.000 (lima juta delapan ratus ribu rupiah) dari dua orang anggota PGRI Kabupaten Kupang dan dari Sekolah Indonesia Kota Kinabalu-Malaysia.

Ketua PGRI Kabupaten Kupang ketika dihubungi media ini menyampaikan data-data ini dan menyebutkan bahwa sejauh ini sudah menyalurkan bantuan kepada 48 orang anggota PGRI Kabupaten Kupang yang sudah terdata. Sementara data yang dikirim kemudian oleh para Pengurus Kecamatan sebanyak 67 orang. Hal ini berarti, kebutuhan untuk membantu para korban bencana masih sangat diperlukan. Jadi, korban bencana yang diakibatkan badai siklon tropis Seroja yang melanda para guru di Kabupaten Kupang terdata sebanyak 115 orang.

Penyaluran Tahap I kepada 48 orang, masing-masing mendapat 10 kg beras, 1 dos mi instan, 1 dos air mineral, 1 kg gula pasir dan pakaian layak pakai. Khusus di Kecamatan Takari yang pertama mendapatkan distribusi sehingga mereka mendapatkan minyak goreng.

Di setiap kesempatan penyerahan bantuan, sang Kartini Ribka Kekado menyampaikan: “Sebagai pengurus PGRI Kabupaten Kupang kami tidak dapat berdiam diri pada saat melihat anggotanya menderita akibat terdampak bencana badai siklon tropis Seroja ini. Patut diakui bahwa PGRI Kabupaten Kupang belum dapat memberikan dalam jumlah besar, tetapi esensi bantuan kami saat ini yakni menunjukkan kepedulian dan solidaritas antaranggota PGRI. PGRI Kabupaten Kupang peduli dan ikut merasakan penderitaan yang dialami anggotanya. Semoga bantuan ini bermanfaat dan tepat sasaran.”

Posko masih menunggu wujud solidaritas dan kepedulian para anggota dan siapa pun yang berempati kepada para guru korban bencana badai siklon tropis Seroja, dapat menyalurkannya melalui Posko Peduli Korban Bencana PGRI Kabupaten Kupang. Maka, donasi atau sumbangan yang kiranya dapat diberikan dapat melalui:

Nomor Rekening BRI Unit Kuanino atas nama Ribka R. Naisanu Kekado; 4675-01-013159-53-2; Kontak person pada para sahabat guru Pengurus PGRI Kabupaten Kupang:

  • Ribka; 0813-3943-7912
  • Enos; 0853-3929-7997
  • Ferdi; 0852-3912-8702
  • Willy; 0812-5894-8976
  • Max; 0852-3908-6497

Bantuan akan sangat bermanfaat pada mereka yang membutuhkannya. Pengurus PGRI Kabupaten Kupang sungguh sangat serius memperhatikan hal ini. Mereka telah berjibaku dengan kondisi jalan yang kurang nyaman ketika harus tiba untuk menyalurkan bantuan dari para sahabat.

Kepada semua sahabat guru yang telah mengirimkan bantuannya, Ketua PGRI Kabupaten Kupang menyampaikan melalui media ini ucapan terima kasih yang tulus. Rasa syukur dan pujian pada Tuhan oleh karena sikap solider yang ditunjukkan para sahabat. Kiranya Tuhan memberkati.

 

Sumber foto: Akun FB Ribka Kekado dan WAG PGRI Kab. Kupang
Wawancara via Aplikasi WA dengan Ketua PGRI Kab. Kupang, Ribka R. Kekado, S.Pd. M.Si
Penulis: Heronimus Bani

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan