Peran BUMDes Dalam Strategi Pengembangan Desa Wisata Nekbaun

  • Whatsapp

Amarasi-infontt.com,- BUMDes Rium Jaya yang terletak di Desa Nekabaun, Kecamatan Amarasi Barat, Kabupaten Kupang merupakan suatu lembaga yang turut membantu pemerintah desa dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD).

Ketua BUMDes Rium Jaya, Adriyanto Passu kepada media ini, Selasa (24/04/2019) mengatakan, sebuah desa wisata memiliki potensi perwisataan yang menarik, dan untuk daya tarik sendiri bisa berasal dari alam, sosial budaya bahkan memiliki keindahan yang alami.

Bacaan Lainnya

Lanjutnya, pengembangan desa wisata sangat bisa mendongkrak ekonomi masyarakat dan pengembangannya sangat penting untuk dilakukan supaya kedepan bisa menampilkan keindahan alam yang indah, termasuk wilayah yang luas. Saat ini sendiri, Desa wisata Nekbaun yang sementara digagas dalam tahap pekerjaan yang sudah mencapai 40 persen.

“Potensi unggulan yang dapat dikembangkan di desa Nekbaun yang kaya akan produk pertanian dan perkebunan adalah agrowisata desa seperti ubi kayu, pisang, dan kelapa. Sehingga pengembangan usaha kecil menengah (UKM) yang diolah nanti bisa menjadi kuliner bagi yang berkunjung ke desa ini,”ungkapnya.

Ady passu menggambarkan bentuk BUMDes Rium Jaya di Desa Nekbaun sendiri disesuaikan dengan kebutuhan pokok di berbagai bidang usaha. Di mana secara khusus BUMDes Rium Jaya berkonsentrasi di bidang peternakan dan pariwisata melalui program Gubernur NTT dan Bupati Kupang sebagai daerah pengembangan wisata.

“Dari BUMDes ini juga diharapkan agar pemerintah kabupaten dan provinsi dapat melihat dan membantu dalam memajukan pariwisata, seperti milik Desa Nekbaun yang beralokasi di Puru Aibnono, Karena walaupun dengan segala kekurangan anggaran, namun program ini akan terus berjalan maju,”jelasnya.

Laporan: Welem Leba

Pos terkait

Tinggalkan Balasan