Penetapan Status Tersangka Sangat Merugikan Kredibilitas Seseorang

Herry F. F. Battileo, S.H, M.H

Kupang-InfoNTT.com,- Penetapan Status Tersangka kepada seseorang oleh pihak (Penyidik) sangat berpeluang terjadinya kerugian immaterial dan secara sosiologis status ini memberikan konotasi negative, terbentuknya opini buruk tentang citra diri yang sangat merugikan kredibilitas seseorang walaupun baru sebatas dugaan.

Diharapkan dalam penetapan status tersangka kepada seseorang tidak berulang bulan, bahkan berulang tahun tanpa suatu kepastian hukum.

Read More

Pada sisi lain sekaligus menimbulkan pertanyaan yang akan mengemukakan tentang indenpendensasi, kredebilitas, dan profesionalitas dari jajaran penyidik. Semua kita dan harus akan percaya apabila berbagai indikator kinerja baik berupa output maupun input terobservasi dan terukur transparan dan akuntabel, maka dapat dikatakan bahwa penyidik KPK, Kepolisian dan Kejaksaan dalam melaksanakan tugas telah dilaksanakan secara professional.

Oleh karena itu mereka independent dalam merumuskan kesimpulan, tapi ingat, bukan karena pesan sponsor atau kepentingan sesaat.

Penulis:  Herry Battileo, SH,.MH. ( Pendiri dan Pengawas LBH Surya NTT – Jalan Amanuban nomor 6, Kelurahan Oebufu, Kota Kupang, Provinsi NTT ).

Related posts

Leave a Reply