Pemkab TTS Selenggarakan Lomba Desa, Administrasi Salah Satu Sektor Penilaian

  • Whatsapp

Fatumnasi-InfoNTT.com,- Pemerintah Kabupaten TTS melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menyelenggarakan lomba  desa, Kamis 30/07/2020).

Media ini mengikuti salah satu agenda penilaian oleh tim penilai dari Dinas PMD yang menyambangi Desa Nuapin di Kecamatan Fatumnasi. Proses penilaian berlangsung di aula kantor Desa Nuapin.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Nuapin Mesak Nofu usai kegiatan kepada awak media mengatakan, penilaian terhadap kreativitas desa ini perdana. Dalam penilaian lomba desa ini mengacu pada evaluasi perkembangan desa, di mana lomba antar desa ini untuk mengevaluasi sekaligus mendorong dan memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan desa.

“Secara umum aspek penilaian sama yaitu dari aspek pemerintahan, administrasi kemasyarakatan dan wilayah. Kita berharap lomba desa ini benar-benar dijadikan sebagai ajang memperlihatkan hasil Pembangunan,” ujar Mesak.

Di sisi lain, Mesak mengharapkan ada inovasi yang dimunculkan dari tiap desa, sehingga bisa menjadi nilai tawar yang tinggi dalam rangka untuk membantu pemerintah desa untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan kemasyarakatan dan pemberdayaan di setiap desa.

Positif dari kegiatan ini adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat bisa diprioritaskan, agar rakyat bisa menikmati setiap hasil pembangunan dengan baik.

Informasi yang dihimpun media ini, ada enam kecamatan se-TTS yang ikut lomba ini. Setiap kecamatan wakilkan salah satu desa. Untuk Kecamatan Fatumnasi sendiri, Desa Nuapin yang mewakili.

“Dari penilaian lomba desa, yang terpilih sebagai desa terbaik akan mewakili Kabupaten TTS pada lomba desa tingkat regional atau tingkat Provinsi NTT. Artinya desa yang terpilih nantinya berarti desa yang lebih siap untuk diikutkan pada lomba desa Tingkat Provinsi NTT nanti,” ungkapnya.

Laporan: Welem Leba

Pos terkait

Tinggalkan Balasan