Pemkab Kupang Ucap Terimakasih Kepada Melki Laka Lena

  • Whatsapp
Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe didampingi Bupati Kupang menyerahkan bantuan bagi ibu-ibu di Amfoang Selatan.

Amfoang-InfoNTT.com.- Anggota DPR RI sekaligus Wakil Ketua Komisi IX, Emanuel Melkiades Laka Lena menyelenggarakan vaksinisasi bagi masyarakat Amfoang Tengah dan Amfoang Selatan, Sabtu (13/11/2021) siang.

Kecamatan Amfoang Selatan berlangsung di Puskesmas Lelogama, sedangkan Kecamatan Amfoang Tengah dilaksanakan di Desa Fatumonas.

Bacaan Lainnya

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Kupang Korinus Masneno, Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, Perwakilan Dirjen Kementerian Kesehatan RI, Anggota DPRD Kabupaen Kupang Oktovianus La’a, Camat Amfoang Selatan Yaret Tamoes, Camat Amfoang Tengah Udin Bureni, Kapolsek Amfoang Selatan Made Kumara, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan dan masyarakat setempat.

Bupati Kupang, Korinus Masneno di kesempatan tersebut menjelaskan, selama dua tahun terakhir ini, Kabupaten Kupang mengalami masalah yang berkelanjutan yaitu pandemi covid-19 yang hingga saat ini mencapai kurang lebih 2.800 orang yang sudah terkonfirmasi, 75 orang meninggal dan 4 orang isoman.

Namun dirinya bersyukur karena pada kondisi ini masyarakat tetap mentaati protokol kesehatan, tang mana vaksinasi sudah mencapai 48 persen. Mengenai pelaksanaan vaksin dengan persentase masih rendah,disebabkan karena daya jangkau transportasi dan juga sebagian masyarakat termakan berita hoax.

Korinus Masneno mengingatkan masyarakat agar selain melakukan vaksin, harus menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan makanan dan minuman herbal yang dipercaya meningkatkan daya tahan tubuh.

Harapan Bupati Kupang, kiranya dengan sosialisasi ini, Amfoang Tengah dan Amfoang Selatan mampu menjadi inisiator penerapan pengobatan tradisional berbasis masyarakat di Kabupaten Kupang.

“Pengalaman dan pemahaman yang diberikan para ahli maupun praktisi dunia kesehatan, semoga semakin menumbuhkan semangat masyarakat untuk mengaktifkan kembali kebun tanaman obat dipekarangannya,” ujar Korinus.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena karena sudah hadir dan membantu vaksinasi dari tahap I sebanyak 7.100 dosis hingga tahap II sebesar 1.000 dosis.

“Kirinya bapak Emanuel Melkiades Laka Lena Tetap sehat dan terus ada untuk masyarakat Kabupaten Kupang. Terima kasih juga kepada Kementerian Kesehatan RI, semoga bisa menjadikan Kabupaten Kupang sebagai daerah yang sarana dan juga prasarananya memadai untuk bisa menunjang terwujudnya standar pelayanan minimal bidang kesehatan,” harapnya.

Kehadiran Melkiades Laka Lena pada kegiatan ini adalah untuk melakukan vaksinasi serta berdialog mengenai informasi dan edukasi, bagaimana vaksinasi mengurangi covid 19 bagi masyarakat Amfoang Selatan dan Amfoang Tengah. Di mana, sering masyarakat melupakan peran pengobatan tradisional dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Melki Laka Lena menjelaskan, pengobatan tradisional merupakan pengobatan atau perawatan dengan cara herbal mengacu pada pengalaman turun temurun dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Menurutnya, peran pengobatan tradisional di masa pandemi ini adalah salah satu upaya menangani covid dengan meningkatkan ketahanan tubuh. Semoga kegiatan ini bisa mengidentifikasikan pengobatan-pengobatan tradisional yang membantu mengurangi resiko virus covid-19.

“Tahun 2023 mendatang, saya akan upayakan untuk membangun RSU Pratama di Kecamatan Amfoang. Tugas saya, jika Bupati dan Wakil Bupati serta dan Anggota DPRD Kabupaen Kupang membuka suara, kami akan berbuat sesuai dengan tugas kami agar bisa menjadi berkat bagi masyarakat,” tandas politisi muda Golkar ini. (*Tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan