Pemkab Kupang Akan Refocusing Anggaran 70 Milyar untuk Penanganan Covid-19

  • Whatsapp
Bupati Kupang didampingi Sekda saat melakukan jumpa pers bersama awak media (04/3).

Oelamasi-InfoNTT.com,- Pemerintah Kabupaten Kuoang rencananya akan merefocusing anggaran sebanyak 70 milyar lebih untuk penanganan covid-19 tahun 2021. Hal ini disampaikan Bupati Kupang saat melakukan jumpa pers bersama awak media, Kamis (04/3/2021) siang di ruang rapat Bupati Kupang.

Menurutnya, untuk memenuhi refocusing tersebut, maka kemungkinan akan ada pemotongan anggaran di Sekretariat dewan. Namun terlepas dari rencana tersebut, tetap ada beberapa opsi yang dipakai, intinya tetap mengutamakan keselamatan rakyat.

“Opsi yang dipakai ada tiga, yakni pemotongan perjalanan dinas 50 persen, belanja pembangunan infrastruktur jalan dan tambahkan devisit dalam perjalanan dinas, atau yang ketiga potong perjalanan dinas ditambah pinjaman daerah, dengan tetap optimis tahun 2024 harus lunas. Saya tidak mau membebani kepala daerah usai saya menjabat,” ujar Korinus.

Dirinya memastikan bahwa Bupati mempunyai kewenangan untuk melakukan pemotongan anggaran. Hal ini juga akan dibicarakan bersama dengan DPRD agar memahami dan sama-sama merumuskan langkah apa yang akan dilakukan.

Refocusing anggaran sendiri merupakan instruksi Presiden kepada seluruh Kementerian/Lembaga (K/L) dan daerah untuk melakukan refocusing anggaran bagi dana kesehatan, bantuan sosial (bansos) dan mendukung dunia usaha khususnya UMKM. Selain itu pemotongan anggaran ini untuk konsolidasi fiskal, dan ada juga belanja-belanja yang tidak bisa dilaksakan dalam kondisi Covid-19.

Laporan: Chris Bani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan