Pemerintah Desa Oepuah Utara Bagikan Masker dan Penyemprotan Disinfektan Bagi Warganya

  • Whatsapp
Pemerintah Desa Oepuah Utara bersama aparat usai lakukan aktivitas pencegahan covid-19

Kefamenanu-InfoNTT.com,- Upaya pencegahan virus corona atau covid-19 pemerintah desa Oepuah Utara di kecamatan Biboki Moenleu, kabupaten TTU melakukan pembagian masker dan penyemprotan desinfektan, Jumat (10/04/2020).

Kepala Desa Oepuah Utara, Kris Taolin kepada media ini mengatakan, pembagian masker secara gratis kepada masyarakat sebagai salah satu tindakan dan upaya pencegahan penularan wabah virus corona.

Bacaan Lainnya

Pembagian masker ini bertujuan untuk ikut serta membangun kesadaran masyarakat memakai masker sekaligus sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona di desa Oepuah Utara. Sebagai kades, dirinya mengajak seluruh masyarakat supaya bekerja bersama mencegah penyebaran virus carona, dan mengikuti himbauan dari pemerintah.

“Penyemprotan dan pembagian masker ini sebagai langkah awal preventif pencegahan awal virus corona, sebab wabah ini sudah mulai masuk di negara Indonesia, tentunya proteksi daerah di tingkat desa harus terus dioptimalkan,” ujarnya.

Ditemui terpisah, Kepala Puskesmas Kaubele, Dominikus Usfinit,S.Km memaparkan bahwa tugas para medis yakni memberikan edukasi melalui sosialisasi yang tepat dengan menjalankan perihal informasi terkait dengan covid-19 baik gejala maupun cara pencegahannya. Selain itu mendata penduduk rentan sakit seperti orang tua dan anak-anak.

Guna mendeteksi awal pergerakan masyarakat, tim perlu mendata tamu yang keluar masuk di desa dari daerah lain. Hal itu di rasa cukup efektif guna mengetahui secara dini warga yang terindentifikasi.

“Jika ada warga yang diidentifikasi, maka langkah yang pertama dilakukan adalah bekerja sama dengan pihak pemerintah desa untuk menyiapkan ruang isolasi di desa dan merekomendasikan
keada warga yang pulang dari daerah terdampak covid-19 untuk melakukan isolasi diri,” jelas Dominikus.

Laporan: Aris Usboko

Pos terkait

Tinggalkan Balasan