Pemerintah Desa Oemofa Resmi Bagikan BLT DD Tahap Keempat

Amabi-InfoNTT.com,- Pemerintahan Desa Oemofa, Kecamatan Amabi Oefeto Timur, Kabupaten Kupang kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap keempat, Kamis (08/10/2020) di aula kantor Desa Oemofa.

Berbeda dengan penyaluran BLT tahap I, II dan III, yang mana penerima bantuan mendapatkan uang sebesar 600 ribu rupiah setiap tahapnya atau per bulannya. Pada tahap keempat ini, penerima bantuan tersebut hanya menerima sebesar 300 ribu rupiah yang akan diberikan selama tiga tahap.

Read More

“Pembagian BLT Dana Desa tahap keempat di Desa Oemofa ini sebesar 300 ribu rupiah per KK, dan puji syukur pembagian BLT tahap empat ini berjalan dengan baik dengan protokol kesehatan yang ketat,” kata Kepala Desa Oemofa Yohanis Nope.

Menurut Yohanis, sejauh ini dana desa yang diakomodir ke BLT dari tahap satu sampai tahap empat sangat menyentuh Sekai ke masyarakat penerima manfaat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam rumah tangganya. Warga juga bersyukur dengan hadirnya BLT dari dana desa, setidaknya mengurangi beban dalam situasi pendemi yang sekarang dihadapi.

Lebih Yohanis, total keseluruhan penerima bantuan BLT ini semuanya ada 160 KK dan untuk tahap empat kali ini ada pengurangan 1 KK dikarenakan meninggal dunia, sehingga pemerintah desa akan mengadakan musyawarah dengan semua elemen yang ada di desa baik itu BPD dan masyarakat agar secepatnya ada pergantian sehingga dana ini bisa dialihkan kepada masyarakat yang patut dan layak untuk mendapatkannya.

Nope juga berharap BLT yang sudah diterima masyarakat bisa dipergunakan untuk kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan dan penting. “Gunakan bantuan ini dengan seperlunya, dan manfaatkan sebagaimana mestinya. Kita belum tahu kapan virus ini akan berakhir,” ungkapnya.

Kepala Desa Oemofa saat membagikan BLT DD secara langsung kepada warganya

Hal senada juga disampaikan Babinkamtibmas Desa Oemofa, Wismerus Auliso, bahwa BLT kali ini sudah tahap yang keempat, dan diharapkan kepada 159 KK yang menerima bantuan ini agar dipergunakan sebaik-baiknya sehingga kebutuhan dari warga yang terkena dampak dari Covid-19 ini bisa dipenuhi.

Wismerus menambahkan, saat ini wabah virus corona perlu adanya kesadaran dari masyarakat untuk berperilaku hidup sehat dengan menjaga kesehatan dan mengikuti protab Covid-19 yang sudah dianjurkan dari pemerintah sehingga bisa terhindar dari wabah ini, karena tidak bisa memprediksi kapan berakhirnya virus corona ini.

Disamping itu juga Bintara Pembina Desa (Babinsa) Oemofa, Kanisius Raga dari Kodim 1604-02/Camplong mengatakan bantuan yang hari ini diterima oleh warga berbeda dengan tiga tahap sebelumnya dan khusus untuk tahap keempat ini hanya 300 ribu rupiah per KK. BLT ini mutlak diberikan kepada masyarakat yang benar-benar layak dan pantas.

Sejauh ini Kanisius juga mengaku turut mengambil bagian berpartisipasi dengan masyarakat. Pelayannnya juga dekat dengan warga, sehingga Dirinya berharap kepada 159 KK penerima BLT dari tahap satu sampai ke empat ini agar manfaatkan pada kebutuhan yang benar-benar diprioritaskan, jangan dipakai untuk hal-hal yang tidak berguna misalnya judi dan miras.

“Masyarakat Desa Oemofa harus tetap menjaga kesehatannya karena wabah dari virus corona ini perlu adanya kesadaran dari diri kita, bagaimana kita bisa memutus mata rantai dari penyakit ini. Kuncinya sederhana saja yakni dengan terus memperhatikan serta menjaga pola makan, mencuci tangan sebelum dan sesudah aktivitas, pakai masker ketika berkomunikasi dan tidak kumpul banyak orang,” pungkasnya.

Pantauan media ini, dalam pembagian BLT dana desa tahap keempat di Desa Oemofa turut hadir Kepala Desa, BPD, perwakilan kecamatan, babinsa, dan juga babinkamtibmas dengan mengikuti protokoler kesehatan yang ketat.

Laporan: Jimi Kapitan

Related posts

Leave a Reply