Pemerintah Desa Nekmese Anggarkan Dana Kuliah Bagi Keluarga Tidak Mampu

  • Whatsapp

Amarasi-InfoNTT.com,- Kepala Desa Nekmese, Krisma Jems Baok lebih memprioritaskan pembangunan fisik dan pemberdayaan di desanya dengan mengutamakan beberapa item program saja dalam perencanaan tahun 2019. Hal ini disampaikan langsung Kepala Desa Nekmese bersama pendamping desa, Karol Hera saat ditemui media ini, Jumat (03/05/2019) di kantor Desa Nekmese, Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang.

Menurut Kades, ada beberapa item pekerjaan yang sudah direncanakan dan ditargetkan, yaitu pembuatan gor mini, lampu jalan. Lalu ada juga anggaran dari APBD untuk pagar kantor desa dalam pembangunan fisik, sedangkan pemberdayaan dari ADD, Krisma ingin mendahulukan tokoh bangunan beserta isinya untuk BUMDes yang diperkirakan total bangunannya sekitar tiga ratusan juta dan juga tambahan pekerjaan air, tapi sudah akan disosialisasikan pada minggu depan karena sudah selesai disurvei untuk melanjutkan pekerjaan air.

Bacaan Lainnya

Krisma juga menyampaikan bahwa masih ada perencanaan lainnya yaitu dana hiba desa seperti unggul mandiri yang keuangannya sebagainya ada di bank dan sebagiannya lagi ada dalam penagihan kepada yang bersangkutan yaitu kelompok kerja masyarakat, sedangkan untuk tahun ini dana kelompok ternak sapi sekitar seratus juta untuk pemberdayaan, tetapi ada dana yang sudah disepakati dalam musyawarah yaitu alokasi dana untuk beasiswa anak-anak yang ingin melanjutkan program studi yaitu kuliah dengan anggaran tahun ini sekitar sepuluh juta.

“Kenapa alokasi dana ini (pendidikan)? Karena ini adalah salah satu cara yang baik untuk mendorong dan memotivasi anak-anak di desa ini yang tidak bisa melanjutkan program studi kuliah karena keterbatasan anggaran, ini adalah tahap awal yang saya lakukan dan dengan harapan ini akan berjalan dengan baik lancar agar tahun berikutnya bisa ada peningkatan dari tahun ini,”ujar Kades.

Krisma berharap agar apa yang sudah direncanakan dan ditargetkan dapat diselesaikan dalam waktu yang ditentukan yaitu pada akhir tahun, agar laporan pertanggungjawabanya juga bisa diselesaikan dengan baik. Dirinya sangat ingin agar desa Nekmese menjadi contoh yang baik bagi desa-desa yang lain agar lebih memprioritaskan kepentingan masyarakat, sehingga masyarakat bisa hidup sejahtera dan damai kedepannya.

Laporan: Donyuan Bani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan