Pemda TTS Dukung Program TJPS Gubernur NTT

  • Whatsapp

Amanuban-InfoNTT.com,- Sebagai bentuk dukungan terhadap program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) yang diprogramkan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan Josef A Nae Soi, maka Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun bersama sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) dari masing-masing satuan organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten TTS elar tanam jagung, Jumat (24/07/2020) di hamparan sawah dataran Bena yang luasnya mencapai 1000 Hektare, yang mana 250 Ha di Linamnutu dan 750 Hektare di dataran Bena.

Bupati TTS Egusem Pieter Tahun didampingi oleh Camat Amanuban Selatan, Johanis Asbanu kepada awak media di lokasi tanam jagung mengatakan dilakukannya penanaman jagung di daratan sawah Bena karena ketika musim tanam, air tidak mencukupi maka bukan padi yang ditanam tetapi jagung.

Bacaan Lainnya

Untuk mensukseskan program tersebut, Epy Tahun menjelaskan bahwa bibit, pupuk dan peralatan semua disediakan oleh Pemerintah Provinsi NTT dibawah pimpinan Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakil Gubernur Josef A Nae Soi. Pemda TTS hanya menyiapkan lahan dan melakukan penanaman sebagai dukungan untuk sukseskan program TJPS tersebut.

Dari lahan yang disiapkan dan luasnya mencapai 1000 Ha tersebut, Epy mengaku sudah 70 Ha yang ditanam, dan penanaman pada hari ini ditargetkan mencapai 100 Ha, sehingga total lahan sawah yang digunakan untuk tanam jagung di musim tanam kali ini mencapai 170 Ha.

Sisa lahan yang belum ditanam seluas 830 Ha akan terus dilakukan karena direncanakan pertengahan Agustus. Untuk semua lahan dari 100 Ha tersebut sudah ditanam, karena bantuan bibit, pupuk dan peralatan sudah didistribusikan ke TTS.

“Karena semua ASN turun untuk tanam dan target hari ini mencapai 100 Ha, sehingga pekan depan kami datang tanam lagi dan rencannya kami tidur agar mempercepat penanaman tersebut,”katanya.

Menurut Epy, meski debit air berkurang sehingga lahan sawah hanya digunakan sekali dalam setahun, tetapi kebutuhan air untuk jagung tidak terlalu banyak. Oleh karena itu, dirinya sudah menerima surat dari masyarakat Amanuban Selatan untuk membantu pengadaan alat berat yang digunakan untuk mengempang air kali menuju lahan yang digunakan untuk tanam jagung ini.

Bupati Epy juga mengatakan dirinya sudah meminta kepada Camat Amanuban Selatan agar setelah Pemda TTS bersama ASN se-TTS melakukan penanaman jagung, maka Camat juga harus gerakan semua pimpinan di kecamatan termasuk dengan kepala sekolah dan guru-guru untuk melakukan penanaman jagung di lahan tersebut sebagai bentuk dukungan masyarakat TTS terhadap program tersebut.

Laporan: Welem Leba

Pos terkait

Tinggalkan Balasan