Pembangunan Bendungan Reknamo Capai 41%

  • Whatsapp
Lokasi pembangunan Bendungan Reknamo

Lokasi pembangunan Bendungan Reknamo
Lokasi pembangunan Bendungan Reknamo

Jakarta,infontt.com,- Masuk dalam program strategis pemerintah untuk mendukung program swasembada pangan nasional, pembangunan Bendungan Raknamo di Nusa Tenggara Timur (NTT) terus dikebut.

Pembangunan Bendungan Raknamo yang berlokasi di kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), ini sendiri resmi dimulai pembangunannya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 20 Desember 2014.

“Saat ini perkembangannya sudah 41,5%. Itu perkembangan fisiknya,” ujar Kepala Pusat Bendungan Imam Santoso kepada detik.com, Senin (25/4/2016).

Bendungan ini dibangun di aliran Sungai Noel Puamas, Desa Raknamo, Kecamatan Amabi Oefete, Kabupaten Kupang, NTT. Bangunan bendungan terdiri dari urugan batu setinggi 362 meter dan membentang sepanjang 438 meter.

Butuh biaya pembangunan sekitar Rp 710 miliar yang dialokasikan secara tahun jamak hingga tahun 2019. “Anggarannya sudah terserap 40,5% sampai saat ini. Target kita memang kalau lihat kontrak sampai 2019. Tapi dengan percepatan yang kita lakukan, target selesai lebih awal sekitar 2018,” kata Imam.

Bendungan Raknamo direncanakan memiliki luas area genangan mencapai 147,3 hektar. Sehingga bisa menampung air dengan kapasitas total mencapai 14,1 juta meter kubik air.

“Bendungan ini bisa menyediakan air untuk irigasi untuk wilayah seluas 1.250 hektar dengan kapasitas penyediaan air baku 0,10 meter kubik per detik,” jelasnya.

Selain menampung air untuk penyediaan air baku dan pengairan sawah dan irigasi, bendungan ini diharapkan bisa menanggulangi permasalahan banjir. Selain itu juga bisa diberdayakan untuk pembangkit listrik.

“Bendungan Raknamo bisa mengurangi debit banjir sebesar 310 meter kubik per detik. Kemudian bisa juga untuk pembangkit listrik,” tutur dia.

Adapun pada bendungan ini rencananya akan dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berkapasitas 0,216 mega watt.
(dna/ang,detikcom)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan