Pangkalan TNI AL Pulau Rote Tanamkan Rasa Cinta Tanah Air Bagi Generasi Muda

  • Whatsapp

Rote – InfoNTT.com-, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Pulau Rote bekerjasama dengan Tim Staf Potensi Maritim (Spotmar) dari Markas Besar (Mabes) TNI Angkatan Laut Jakarta menggelar kegiatan Pemantapan Wawasan Kebangsaan Dan Rasa Cinta Tanah Air Masyarakat Pulau Rote Tahun 2019, Sabtu (04/052019) bertempat di wilayah kerja Lanal Pulau Rote.

Tujuan kegiatan ini sendiri yakni, fungsi TNI Angkatan Laut dalam mengemban tugas pemantapan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air secara berkesinambungan, sistematis dan terpadu. Pembinaan tersebut di sinergikan dengan program Kementrian, Pemerintah daerah, serta instansi terkait untuk menyiapkan Ruang, Alat, dan Kondisi (RAK).

Bacaan Lainnya

Rasa juang yang tangguh dengan mengajak semua elemen bangsa agar punya peran positif dalam menyikapi segala bentuk ancaman yang dapat mengganggu stabilitas bangsa merupakan tujuan utama hadirnya kegiatan tersebut.
Pada acara pembukaan, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Letkol Laut (P) Akhmad Alif .S.Z, M.Tr. Hanla sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) kegiatan tersebut menyampaikan dalam amanat tertulis bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memantapkan cara pandang dan pemahaman kebangsaan bagi generasi muda dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bertanah air dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga akan mengurangi potensi terjadinya konflik dan meredam berkembangnya paham – paham negatif pada masyarakat.

Menurut Akhmad Alif, kegiatan tersebut sangat berguna bagi generasi muda dalam menjaga kelestarian serta persatuan bangsa “Kegiatan ini sangat penting bagi generasi muda ditengah arus globalisasi dan proses demokrasi yang baru saja berlangsung, sehingga di harapkan dapat melahirkan kader–kader generasi muda yang punya semangat dan jiwa cinta tanah air Indonesia, agar mencegah terjadinya perpecahan dan ancaman disintegrasi bangsa,“ jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, terdapat lomba cerdas cermat tingkat SMP se wilayah Kab. Rote, Penyuluhan serta sosialisasi Bahaya Narkotika oleh Tim dari BNN Kab. Rote kepada para pelajar SMP, Penyerahan Sembako kepada Masyarakat yang tidak mampu sebanyak 200 Paket, serta pembagian bingkisan berupa buku tulis dan Pin bendera Merah Putih kepada para pelajar sebanyak 2000 Buah.

Kegiatan ini diakhiri dengan pengumuman pemenang Lomba cerdas cermat yang berhak mendapatkan uang pembinaan yakni, sebagai Juara I diraih SMPN 3 Oelasin serta sebesar Rp. 1.250.000, Juara II di raih SMPN 4 Lindamanu sebesar Rp. 1.000.000, Juara III diraih SMPN 1 Batutua sebesar Rp. 750.000, dan Juara IV diraih SMP Satap Deranitan sebesar Rp. 500.000.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Tim Spotmar Mabesal Kolonel Laut (E) Halili, S.H dan Letkol Laut (P) Hari Budiman, M.Tr.Hanla, Kadispotmar Lantamal VII Letkol laut (P) Dovian, Dandim 1627/Rote Ndao, Camat Rote Barat Daya, Kapolsek Batutua, Kepala sekolah SMP se wilayah Rote Barat Daya, Pengurus Jalasenastri Cab. 4 Korcab VII , Pengurus Persit Candra Kirana 1627/Rote Ndao, Tomas dan Tomas setempat serta Para pelajar SMP se Rote Barat Daya.

Laporan: Dispen Lantamal VII.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan