Paket ‘GEMOHING’ Siap Sejahterakan Petani Dan Nelayan

  • Whatsapp
Paket GEMOHING, Yahanes Philipus dan Lambertus Djawan

Paket GEMOHING, Yahanes Philipus dan  Lambertus Djawan
Paket GEMOHING, Yahanes Philipus dan Lambertus Djawan

Larantuka,Infontt.com,- Berbagai tawaran serta janji para kandidat yang siap bertarung dalam helatan Pemilukada Flotim pada 2017 mulai didengungkan. Tak ketinggalan pasangan Yohanes Philipus- Lambertus Djawan (Benny Djawan) yang menamakan diri Paket ‘GEMOHING’. Menariknya, Paket GEMOHING memiliki visi yang berbeda jauh dari paket lainnya jika terpilih menjadi Bupati atau Wabup Flotim. Keduanyab bertekad siap mensejahterakan kehidupan para petani dan nelayan yang selama ini hanya menjadi objek komoditi politik para pemegang kekuasaan. “Orentasi Paket GEMOHING yaitu meningkatkan produktifitas masyarakat petani dan nelayan, kami akan membangun dari masyarakat desa ke kota. Selama ini pembangunan di Flores Timur belum dirasakan oleh masyarakat lini bawah. Pemerintah selama ini mengabaikan nasib mereka. Jika kami mendapat kepercayaan untuk memimpin Flotim, kami siap mensejahterakan para petani dan nelayan,” ujar Yohanes Philipus via telepon selular, Minggu, 8 Mei 2017.
Dikatakan, untuk membangun Flotim maka dirinya bersama Benny Djawan bertekad menghidupkan asas kerja sama yang dikenal dengan nama ‘GEMOHING’. Gemohing berasal dari kata ‘Gemohe atau Pohe’ yang berarti bekerja sama/ gotong royong dan hasilnya dirasakan bersama. Oleh karena itu, Gemohing perlu dihidupkan kembali Pergeseran peradaban hingga terjadinya konflik horizontal antar kampung dikarenakan hilangnya semangat Gemohing. Pada hal, asas gemohing sudah terbentuk dari dahulu kala. “Dengan Gemohing kita akan menyatukan masyarakat dan akan terjalin kerjasama yang baik sehingga tidak akan lagi terjadi konflik antar desa. Masyarakat akan merasakan kebersamaan hanya dengan semangat gemohing,” paparnya.
Paket Gemohing siap membangun Flotim dengan fokus memperhatikan nasib para petani, nelayan, pengusaha kecil di desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMdes). Dengan adanya BUMdes, maka dengan sendirinya Koperasi Usaha Desa akan terbentuk. Sehingga produktifitas para petani dan nelayan akan meningkat. Apabila ekonomi masyarakat desa sudah ditumbuhkan, maka gerakan pasar akan terus berlanjut dari desa ke kota. Paket Gemohing juga memiliki visi dan program prioritas yakni kesejahteraan, menumbuhkan kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui Gemohing. “Flotim butuh pemimpin yang memahami tentang pemabangunan desa, itu mimpi masyarakat Flotim dan itu ada di Paket Gemohing,” tandasnya.
Sementara itu, Lambertus Djawan menambahkan, dirinya bersama Yohanes Philipus siap maju sebagai balon bupati/wabup karena memiliki kerinduan yang sama yakni, mensejahterakan masyarakat kecil seperti petani dan nelayan. Oleh karena itu, jika dipercayakan masyarakat untuk memimpin Flotim maka paket Gemohing siap memberikan kebijakan-kebijakan yang pro pada petani dan nelayan. “Saya ingin melihat para petani dan nelayan hidup sejahtera. Kerinduan itu yang memotivasi saya untuk siap mendampingi John Philipus sebagai bupati dan wabup,” ucap pria kelahiran Solor ini.
Menurut dia, kebijakan-kebijakan itu akan diwujudkan melalui persediaan pasar serta membuka ruang investasi pasar dengan membuka KUD di setiap desa. Selain KUD, juga akan memperhatikan Usaha Kecil Masyarakat (UKM) demi kesejahterakan masyarakat. Investasi pasar dibuka untuk pemasaran hasil komoditi agar para petani bisa mendapatkan harga yang layak. Selain itu, para petani dan nelayan akan diberikan pinjaman modal untuk menunjang usaha mereka. “Selama ini para petani tidak mendapatkan harga yang layak, karena Pemda tidak memiliki kebijakan untuk menyediakan investasi pasar. Paket Gemohing siap mewujudkan mimpi para petani dengan memberikan harga pasar yang layak,” pungkas dia. (*Amar Ola Keda)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan