Mendukung Program Penghijauan, Yonif Raider 408/Sbh Menanam Bibit Trembesi di NTT

  • Whatsapp

Belu-InfoNTT.com,- Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/Sbh Pos Salore menanam atau semaikan 1.000 anakan pohon Trembesi yang nantinya akan di tanam di tempat-tempat tadah air hujan di Kabupaten Belu, Kecamatan Tasifeto Timur, Desa Tulakadi.

Bacaan Lainnya

Anggota Pos Salore, Kopda Aan Itianto menjelaskan, penanaman yang dilaksanakan adalah sebagai upaya mendukung program penghijauan yang dicanangkan oleh Perangkat Desa Tulakadi ataupun Pemerintah Kabupaten Belu

“Pohon Trembesi kami pilih karena akarnya yang kuat akan memperkokoh kondisi tanah. Dampaknya, jalan di tengah akan lebih awet karena dibangun di tanah yang kokoh,” jelas Aan Irianto, Selasa (05/03/2019).

Ia menambahkan, selain memperkokoh, akar Trembesi juga dipercaya mampu menyimpan cadangan air sehingga saat kemarau air tanah masih terjaga dan sangat cocok pada kondisi cuaca ataupun kondisi tanah di NTT, khususnya di Kabupaten Belu ini.

Sedangkan Danpos Salore Letda Inf Tugiyo mengatakan, benih Trembesi ini dibawa dari Dinas Lingkungan Hidup Sragen di Jawa Tengah. Sebagai momentum gerakan penghijauan, dalam rangka menambah komunitas tanaman yang akan berkontribusi menambah oksigen. Sehingga, akan mewujudkan lingkungan yang sehat.

“Selain itu juga untuk mengurangi dampak tanah longsor yang biasa terjadi akibat hutan gundul,” ujarnya.

Ia mengharapkan, untuk menjaga keberlangsungan tanaman itu agar lebih terjamin dan benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat, dan tentunya diperlukan koordinasi dan kerjasama semua pihak untuk mengawasi dan merawat fisik tanaman tersebut.

“Hal ini dilakukan agar tanaman tersebut bisa tumbuh kembang dengan baik, dan tidak ada yang merusak pohon yang akan di tanam ini nantinya,” tandasnya.

Kopda Aan berharap melalui penghijauan dapat memberikan manfaat bagi keseimbangan alam. “Menanam pohon sama juga menabung untuk hari depan. Pohon yang sudah ditanam sekarang suatu saat nanti kalau sudah besar dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama,”jelasnya. (Tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan