Membangun Jiwa Jurnalis Profesional, Prajurit Lantamal VII Kupang Mengikuti Pelatihan Jurnalistik

  • Whatsapp

Kupang-InfoNTT.com,- Prajurit Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal VII) mengikuti pelatihan jurnalistik dengan thema “Membangun Jiwa Jurnalis Profesional Prajurit TNI AL Untuk Informasi Yang Mencerdaskan”, bersama Ketua Media Online Indonesia (MOI) Provinsi NTT sekaligus Pengacara dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surya NTT, Herry F.F. Battileo, S.H, M.H, Jumat (08/03/2019) di Aula Mako Lantamal VII.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut, Brigadir Jendral TNI (Mar) Kasirun Situmorang, S.H melaui Aspers Danlatamal VII, Letkol laut (P) Budhi Yuzerman, SSI. MAP mengatakan, pelatihan jurnalistik ini merupakan yang pertama di Lantamal VII Kupang.

Lanjutnya, kegiatan seperti ini tentu sangat penting bagi anggota TNI Angkatan Laut karena sasaran akhir dari kegiatan ini adalah para prajurit akan menjadi agen perubahan, dan semua akan bisa penulis berita.m, di mana era saat ini juga sudah semakin berubah, jadi perlu dipelajari sejak dini.

”Dengan kita mendapat ilmu dari pelatihan jurnalistik ini, para prajurit TNI bisa menangkal berita-berita hoax alias berita yang tidak benar. Kegiatan ini juga sekaligus dapat menunjang kegiatan-kegiatan TNI Angkatan Laut ke depan agar dapat diketahui secara bersama oleh publik,”ujar Letkol Laut (P) Budhi Yuzerman.

Budhi mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan jurnalistik ini diharapkan agar para anggota dapat mengetahui tentang jurnalistik, dan juga teknik pengambilan gambar dan video, serta mampu menulis berita yang tepat.

Diharapkannya, peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius agar dapat dikembangkan dan disampaikan kepada prajurit lainnya yang tidak hadir saat ini.

Sedangkan Pembicara, Herry F.F. Battileo,S.H, M.H ketika mengawali materi mengatakan bahwa, para anggota TNI AL yang mengikuti pelatihan jurnalistik ini diharapkan mampu mengetahui teknik teknik dasar pengambilan gambar Visual, proses editing, dan juga dasar-dasar penulisan berita yang baik.

“Materi yang saya sampaikan hari ini mencakup materi materi jurnalistik, seperti dasar-dasar jurnalistik, dasar dasar penulisan berita, dasar dasar fotografi, latihan penulisan berita, serta latihan pengambilan gambar,”jelas mantan wartawan senior ini.

​Pelatihan Jurnalistik di  Lantamal VII ini diawali dengan acara pembukaan, yakni peserta memasuki ruang aula Mako Lantamal VII, diikuti oleh Aspers Danlatamal VII, Letkol laut (P) Budhi Yuzerman, SSI. MAP mewakili Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut, Brigadir Jendral TNI (Mar) Kasirun Situmorang, S.H.

Kemudian para peserta pelatihan dipersilahkan berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya laporan ketua Panitia, Mayor Laut (P) Raktmat Yuniar, W S. T, dan foto bersama, serta dilanjutkan dengan pemberian materi jurnalistik.

Lapiran: Chris Bani

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan