Melki Laka Lena Mendapat Dukungan Dari Berbagai Kalangan Di Sumba Timur

  • Whatsapp
Wakil Bupati Sumba Timur ketika memberikan sambutan pada acara Sayembara AYO BANGUN NTT di Kabupaten Sumba Timur, Jumat (12/5/2017)
Wakil Bupati Sumba Timur ketika memberikan sambutan pada acara Sayembara AYO BANGUN NTT di Kabupaten Sumba Timur, Jumat (12/5/2017)

Waingapu-infontt.com,- Dialog terbuka yang digagas oleh calon gubernur NTT Melkiades Laka Lena melalui kegiatan sayembara AYO BANGUN NTT menuai pujian dari berbagai pimpinan partai di tingkat II.

Ketua partai Nasdem Sumba Timur, Yonatan Hani mengapresiasi langkah Melki Laka Lena yang menyelenggarakan kegiatan Sayembara dan Dialog disetiap daerah di NTT. Menurut Yonatan, Melki Laka Lena merupakan figur muda NTT yang luar biasa walaupun baru bertemu hari ini tetapi nama Melki Laka Lena sudah sering didengar karena Melki Laka Lena pernah maju menjadi calon wakil Gubernur NTT tahun 2013 lalu.

Bacaan Lainnya

“saya senang sekali kalau ada orang muda yang tampil seperti ini, karena saat ini semua kabupaten di NTT sangat membutuhkan regenerasi. Kita butuh pemimpin-pemimpin baru tetapi kita jangan lupa berbicara regenerasi bukan sekedar umur lebih muda tetapi kemampuan. Dia harus jauh lebih baik, lebih matang dari senior-senior yang lain sehingga ketika perpindahan reposisi kepemimpinan terjadi dari atas kebawah bisa lebih baik dan maksimal,” ujar Yonatan.

Ia menambahkan, Melki Laka Lena dengan pengalaman dan track record Politik Nasional dan pernah menjadi calon wakil gubernur NTT pastinya sangat mampu menjadi pemimpin dan bisa membuktikan bahwa orang muda juga bisa menjadi pemimpin di daerah ini.

“Dialog yang dihadiri mayoritas pemuda dan mahasiswa Sumba Timur ini saya berharap bisa membentuk kader pemimpin baik yang nantinya akan menggantikan kami. Sehingga adik-adik yang mengikuti lomba debat hari ini bisa mempersiapkan materi dan belajar banyak hal menggali informasi dan mempersiapkan diri untuk suatu saat bisa menjadi tulang punggung dan fondasi daerah Sumba Timur,” jelas Yonatan.

Mantan ketua GMKI cabang Surabaya, Stepanus Makambombu, yang saat ini menjabat sebagai direktur STIMULANT Institute Sumba di sebuah Lembaga Studi Perubahan social dan Pemberdayaan Masyarakat di Pulau Sumba, turut hadir sebagai narasumber dalam dialog AYO BANGUN NTT yang digelar di Aula BPM Sumba Timur.

Dalam dialog terbuka tersebut, Stepanus Makambombu berbicara mengenai isu-isu mendesak yang harus dikerjakan dalam konteks dimana kita bisa memperbaiki keadaan di NTT dan bagaimana kita mengembangkan ekonomi kreatif, kelautan dan perikanan.

Menurut stepanus, sebenarnya daerah NTT merupakan wilayah dan potensi-potensi sangat bagus jika dikelola dengan baik pasti bisa membantu kesejateraan masyarakat NTT. Sehingga NTT tidak terlalu bergantung kepada APBN. “Sekarang inikan APBD kita 95 persen dan kita bergantung kepada pusat tetapi ketika kita liat luas wilayah NTT sebenarnya kita banyak potensi,”ujarnya.

Terkait dengan pemimpin NTT, Stepanus mengatakan, NTT membutuhkan pemimpin yang mempunyai ide besar dan gagasan. Melihat NTT yang luas dengan potensi yang besar sebenarnya NTT ini butuh figur yang energik dan yang punya kemampuan bukan saja melihat tetapi turun langsung melihat apa yang ada di NTT dan itu hanya bisa ada di orang muda.

“Masalah pemimpin NTT, saya kira kita bisa menaruh harapan pada Melki Laka Lena untuk menjadi pemimpin di NTT ini sebab saya kenal baik melki laka lena seperti apa karena dulu kami sama-sama di jogja dan sama-sama aktivis,” ungkap Stepanus. 

Hal yang sama juga dikatakan Wakil Bupati Sumba Timur, Umbu Lili Pekuali, ST.MT. Umbu Lili memberikan apresiasi pada Emanuel Melkiades Laka Lena karena sudah dan mampu menyelenggarakan Sayembara AYO BANGUN NTT di seluruh kabupaten di NTT. Hal ini diungkapkan oleh Umbu Lili pada Saat menutup Kegiatan sayembara di aula BPM kabupaten Sumba Timur.

Menurut Umbu Lili, Ia melihat Kegiatan Sayembara AYO BANGUN NTT sebagai Kegiatan yang positif untuk memotivasi Pemerintah dan  masyarakat dalam membangun NTT lebih Baik kedepannya.

“Karena kegiatan ini kita bisa mengetahui Potensi yang ada di daerah, tentulah bukan hal yang mudah  untuk dilaksanakan, tetapi sebagai  kader muda NTT yang Membangun, Melki selenggarakan Kegiatan  ini dan ini sangat luar biasa,” ungkap Umbu Lili. 

Orang nomor dua di Sumba Timur ini juga mengakui akan keterbatasan Pemerintah Daerah Sumba Timur karena tidak bisa berbuat hal yang Sama.

“Terima kasih pada pak Melki yang sudah selenggarakan Kegiatan ini, Saya terharu Betul, karena pemuda pemudi di Sumba Timur sangat respon dengan sayembara ini,” katanya. 

Ia berjanji akan mengikuti Kegiatan Sayembara ini hingga usai karena sangat positif dan bisa menggali Potensi yang ada di daerahnya, serta memberi ruang dan waktu Bagi para pemuda untuk berpartisipasi pada lomba Debat, Paduan Suara, Penulisan Gagasan Dan Penulisan Tokoh teladan. 

Dalam sambutannya, Ia mendukung Melki Laka Lena untuk Tampil lagi sebagai calon pemimpin di NTT. “Pak Melki ini pernah maju  sebagai Calon Wakil Gubernur pada tahun 2013 yang lalu, kalau sekarang maju lagi masih pantas,” Ujar Umbu Lili yang disambut tepuk tangan oleh peserta dan penonton sayembara.

Umbu Lili sangat yakin dengan Melki Laka Lena karena merupakan mantan aktivis, mantan ketua PMKRI, singkatnya punya pengalaman yang luar biasa dalam organisasi. Dengan bekal yang sudah banyak ditambah lagi sekarang sebagai Wasekjen Partai Golkar, Umbu Lili Yakin Melki Laka Lena siap tampil sebagai pemimpin di NTT.

Usai menggelar sayembara AYO BANGUN NTT di Kabupaten Sumba Timur yang ditutup oeh Wakil Bupati Sumba Timur, Umbu Lili. Melki Laka Lena bersama seluruh peserta Sayembara kembali menggelar aksi 1000 lilin di jalan protokol depan kantor DPRD Sumba Timur sebagai bentuk dukungan terhadap Ahok.(tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan