Melki Laka Lena Ajarkan Generasi Milenial Kota Kupang Tentang Pancasila Secara Utuh

Melki Laka Lena ketika menyosialisasikan empat pilar bagi kaum Milenial Kota Kupang

Kupang-InfoNTT.com,– Bersama generasi Milenial Kota Kupang, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena gelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika, Minggu (27/09/2020) di Gedung DPD I Partai Golkar Provinsi NTT.

Kegiatan ini mengusung tema, Meningkatkan Pengetahuan Milenial tentang Nilai – Nilai Pancasila dan dihadiri 150 peserta. Meskipun kegiatan ini melibatkan banyak banyak orang, tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan.

Read More

Melki Laka Lena dalam pemaparan materinya menjelaskan, kegiatan sosialisasi 4 pilar MPR RI menjadi sangat penting karena merupakan kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat di negeri ini. Empat Pilar menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera serta bermartabat.

“Sosialisasi ini memberikan pemahaman yang benar tentang aplikasi dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika, yang dapat mengukuhkan jiwa kebangsaan, nasionalisme, dan patriotisme generasi penerus bangsa agar semakin mencintai untuk membangun negeri. Di mana Pancasila menjadi sumber nilai menjadi ideologi, Undang-Undang Dasar 1945 sebagai aturan yang semestinya ditaati, NKRI harga mati, serta Bhinneka Tunggal Ika sebagai perekat rakyat,” jelas Melki.

Politisi Golkar ini juga mengajak generasi milenial untuk mempelajari Pancasila secara utuh dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari secara benar dan utuh pula. Di mana dalam bingkai empat pilar tersebut, tujuan yang dicita-citakan bangsa ini akan terwujud.

“Apabila ada dinamika yang dapat mengganggu konstitusi Negara ini, kita tidak akan susah dalam menghadapinya, dikarenakan darah 4 Pilar sudah mengakar di dalam hati pribadi kita. Kita tidak boleh putus asa dan merasa lelah untuk terus mensosialisasikan adanya 4 Pilar ini kepada masyarakat luas,” ajak Melki.

Selain itu Melki Laka Lena juga mengatakan bahwa pembangunan karakter bangsa ini merupakan gagasan besar yang dicetuskan para pendiri bangsa. Pasalnya, sebagai bangsa yang terdiri atas berbagai suku bangsa, bahasa, adat dengan nuansa kedaerahan yang kental, bangsa Indonesia membutuhkan kesamaan pandangan tentang budaya dan karakter yang holistik sebagai bangsa.

“Pada titik ini, peran pemuda menjadi sangat penting dalam menjaga keutuhan NKRI. Dalam menghadapi masalah yang sedang terjadi, yaitu pandemi Covid-19. Saya mengajak seluruh pemuda dan pemudi Karang Taruna Kota Kupang untuk perang melawan Covid-19,” katanya.

Ketua Golkar NTT ini mengatakan, dengan semangat gotong royong, semua pihak optimis segala kesulitan yang terjadi akan dapat diatasi. Kaum milenial merupakan wadah pengembangan generasi muda menjadi pemilik peranan penting dalam masyarakat yang merupakan pilar kekuatan dalam pembangunan baik didesa atau kelurahan.

“Besar harapan saya kepada kaum milenial Kota Kupang, dapat terus bergerak aktif dari kota sampai dengan kelurahan, dan terus menjalin komunikasi baik agar bersama-sama menjaga ideologi bangsa dan memegang teguh Pancasila serta UUD 1945 sebagai bentuk kecintaan kita anak bangsa terhadap tanah air,” ujar Laka Lena.

Laporan: Igo

Related posts

Leave a Reply