Maria Magdalena Bifel:Wanita Memimpin, Masihkah Hanya Mimpi?

  • Whatsapp
Maria Magdalena Bifel

Jakarta-infontt.com – Pemimpin adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi, mengarahkan, dan membantu anggota kelompoknya. Seorang pemimpin berkewajiban membawa kelompoknya memenuhi tujuan bersama. Hingga kini, masih banyak yang menobatkan jabatan pemimpin kepada kaum laki-laki dibanding perempuan. Melihat hal tersebut, apakah hak perempuan untuk menjadi pemimpin masih sekadar mimpi di zaman modern ini?

Hal inilah yang membuat salah satu wanita berdarah timor,  Maria Magdalena Bifel angkat bicara. Persoalan kepemimpinan seringkali dihadapkan pada persoalan gender , seperti karateristik perempuan dan laki-laki yang berbeda. Laki-laki cenderung maskulin dan memakai logika berpikir. Sedangkan, perempuan memiliki karakter feminim, dengan kecenderungan memakai perasaannya.

Dijelaskannya setiap tanggal 8 maret, seluruh dunia memperingati Hari Perempuan Internasional. Hari tersebut adalah untuk memperingati keberhasilan perempuan di berbagai bidang, seperti ekonomi, politik, hingga sosial.

“Jika karakter gender sudah menjadi cap dalam masyarakat, masihkah ada kesempatan bagi kaum perempuan untuk menjadi pemimpin?,” Ujarnya.

Ditambahkannya, hal ini harus dimulai dari kesadaran masyarakatnya sendiri. Masyarakat harus mampu membuka kesempatan bagi kaum perempuan untuk memimpin. Bukan dengan belas kasihan, tetapi dengan pandangan objektif atas karya dan kemampuannya.

“Kaum laki-laki belajar menghargai, kaum perempuan memberi bukti. Dengan begitu, kesetaraan gender dalam hal kepemimpinan akan tercipta demi keselarasan hak bersama,”tegas wanita asal Kota Kefamenanu ini.(Chris Bani)

Maria Magdalena Bifel
Maria Magdalena Bifel

Pos terkait

Tinggalkan Balasan