Lounching Penyerahan BLT DD, Bupati Kupang Minta Para Camat dan Kades Jangan Seperti Camat Fatuleu

  • Whatsapp
Bupati Kupang saat memberikan sambutan di acara Lounching BLT Dana Desa Kabupaten Kupang

Kupang-InfoNTT.com,- Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) untuk 160 desa di Kabupaten Kupang resmi serentak disalurkan. Hal ini disampaikan langsung Bupati Kupang Korinus Masneno saat melaunching penyerahan BLT Dana Desa di Gereja Getsemani Tarus, desa Mata Air, Kecamatan Kupang Tengah, Selasa (26/05/2020) pagi.

Korinus Masneno mengatakan, sasaran dana ini untuk masyarakat yang terkena dampak Covid-19, orang yang kehilangan pekerjaan, warga yang belum mendapatkan PKH, Bansos serta bantuan lainnya.

Bacaan Lainnya

Acara launching ini selain dihadiri Bupati Kupang Korinus Masneno, juga turut didampingi oleh Wakil Bupati Kupang Jery Manafe, Kepala Dinas PMD Carles Panie dan Kepala Dinas Sosial Yohanes Masneno.

Dalam sambutannya Korinus Masneno juga menyampaikan beberapa hal yang sangat penting terkait perkembangan Covid-19 yang terjadi di NTT dan khususnya Kabupaten Kupang.

“Kita tahu bersama bahwa untuk wilayah NTT sendiri sekarang kasus semakin meningkat, dan dengan kasus yang baru muncul tentu dampaknya sangat besar yang terjadi di kalangan masyarakat kecil. Namun tetap dipahami bersama bahwa virus ini harus dilawan bersama dengan mematuhi instruksi pemerintah dan menerapkan protokol kesehatan. Kita jangan menganggap masalah ini sepele dan kita bandel melanggar himbauan Sosial Distancing dan Pischal Distancing,” ujar Korinus.

Dikatakan Korinus, terkait dengan BLT Dana Desa di Kabupaten Kupang, sementara data yang sudah masuk di Dinas PMD ada 19.303 KK yang terdata.

“Semoga ini bisa membantu masyarakat kecil untuk bisa keluar dari persoalan saat ini. Tolong kepala desa jangan potong lagi karena ini diprioritaskan untuk masyarakat yang terkena dampak Covid-19 khususnya di Kabupaten Kupang,” ujarnya.

Korinus juga menghimbau kepada para camat dan kepala desa untuk turut mengambil bagian dalam penyerahan BLT Dana Desa ini sebagai bentuk dukungan untuk masyarakat kecil, jangan seperti Camat Fatuleu yang saat pembagian BLT sosial tidak hadir di TKP.

Sementara itu Kepala Dinas PMD, Carles Panie yang juga turut hadir dalam launching tersebut mengatakan sementara Kabupaten Kupang untuk Dana Desa tahap I BLT semuanya sudah cair sehingga diharapkan supaya dilaksanakan pembagian BLT dengan melihat aturan-aturan yang ada, dijaga sehingga tidak ada pendobelan data dari bantuan yang lain.

“Untuk desa Mata Air penerima BLT DD di Desa ada 143 KK, sedangkan untuk keseluruhan Kabupaten Kupang ada 19.303 KK yang sudah memasukkan datanya dan sekitar 26 Desa yang belum memasukkan data BLT DD. Untuk itu Desa yang belum memasukkan data-data tersebut secepatnya dimasukan,” jelas Charles.

Dirinya menambahkan, pemberian BLT ini sesuai dengan PMK No/50/2020 yang terbaru akan bertambah 300 ribu per bulan selama 3 bulan Juli, Agustus dan September dengan orang yang sama penerima BLT sebelumnya, dan berpatokan pada surat edaran kemendes Nomor 12 dengan beberapa kriteria, misalnya untuk orang yang kehilangan pekerjaan akibat Pendemi Covid-19.

“Pencairan dana desa tahap I ini diprioritaskan untuk penanganan Covid-19 sehingga persoalan yang kita hadapi sekarang bisa diatasi secepatnya dan semoga jangan menambah persoalan baru lagi,” tegasnya.

Laporan : Jimi Kapitan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan