Lantamal VII Kupang Gelar Upacara Tabur Bunga di Tengah Laut

  • Whatsapp
Danlantamal VII Kupang saat memimpin upacara tabur bunga

Kupang–InfoNTT.com,- Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa menjadi Inspektur Upacara (Irup) tabur bunga dalam rangka peringatan Hari Pahlawan, Senin (11/11/2019) di tengah laut perairan Teluk Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Bertolak dari dermaga Markas Komando (Mako) Lantamal VII dengan menggunakan KRI (Kapal Republik Indonesia) Karel Satsuit Tubun (KST) – 356, berlayar hingga ke tengah laut perairan Teluk Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT), sekitar pukul 08.15 Wita. Upacara ini dimaksudkan untuk menghormati dan mengenang arwah para pahlawan yang telah gugur di medan pertempuran laut dalam merebut kemerdekaan NKRI dari penjajah.

Bacaan Lainnya

Tepat pukul 08.15 wita, penghormatan kepada arwah para pahlawan dimulai. Upacara dipimpin oleh Mayor Laut (P) Guntur Alamsyah di geladak KRI Karel Satsuit Tubun (KST) – 356 tersebut. Dengan membunyikan sirine selama 60 detik untuk mengenang pertempuran 10 November 1945.

Selanjutnya mengheningkan cipta mengenang arwah para pahlawan yang telah gugur. Suasana hening terasa dalam kapal yang berjalan pelan di atas laut dengan ombak yang cukup tenang.

Setelah acara mengheningkan cipta, Danlantamal melakukan pelarungan bunga ke laut sebagai tanda penghormatan kepada arwah para pejuang bangsa yang telah gugur mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Upacara di KRI Karel Satsuit Tubun (KST) – 356 berlangsung khidmat.

Turut hadir dalam kegiatan upacara antara lain Kasrem 161/WS, Kasilog Rem 161/WS, Kadisops Lanud El Tari, para Asisten Danlantamal VII, Dansatrol Lantamal VII, Komandan KRI KST-356, para Kasatker Lantamal VII, Komandan Lanudal Kupang, Kepala dinas Sosial Provinsi NTT, Aspidum Kajati NTT, Kasiops Kantor SAR Kupang, Kasat Pol PP Prov NTT, Ibu-ibu Persit KCK Rem 161/WS, Ibu-ibu Jalasenastri Korcab VII DJA II dan Ibu-ibu Pia Ardia Garini Lanud El Tari.

Laporan: Dispen Lantamal VII

Pos terkait

Tinggalkan Balasan