Laksanakan Instruksi, Fraksi Golkar DPRD NTT Setujui Anggaran Pecegahan Covid-19

  • Whatsapp

Kupang-InfoNTT.com,- Wakil Ketua DPRD Provinsi NTT Dr. Inche D.P. Sayuna mengatakan, DPRD NTT telah menyetujui anggaran sebesar Rp 104 miliar yang diajukan pemerintah provinsi NTT untuk upaya percepatan pencegahan Covid-19. Bahkan sebelumnya, DPRD NTT juga sudah menyepakati alokasi anggaran sebesar Rp 5 miliar untuk dana tanggap darurat sehingga total angaran untuk pencegahan Covid-19 di NTT mencapai Rp 109 miliar.

Inche Sayuna mengatakan itu kepada media, Sabtu (28/3/2020) menyusul instruksi Ketua DPD I Partai Golkar NTT Emanuel Melkiades Laka Lena agar seluruh kader Partai Golkar baik eksekutif mapun legislatif di Provinsi NTT dan seluruh Kabupaten dan Kota se NTT untuk memberikan perhatian dan dukungan terhadap realokasi anggaran yang dimanfaatkan untuk percepatan penanganan pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Dari Fraksi Golkar, kami telah menerima instruksi dari Ketua DPD I Partai Golkar NTT agar seluruh kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah serta Fraksi Partai Golkar pada setiap level tingkatan agar mendorong realokasi dan refokusing anggaran untuk penanganan Covid-19,” ujar Inche.

Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi NTT ini menambahakan, sejalan dengan instruksi itu, lembaga DPRD Propinsi telah memberikan persetujuan kepada Gubernur NTT untuk menggunakan anggaran sebelum pembahasan perubahan anggaran yaitu sebesar Rp 104 miliar.

“Kami sungguh berharap kepada eksekutif agar dapat menggunakan dana ini secara bijaksana dan bertanggungjawab sehingga tepat guna dan tepat sasaran,” ujarnya.

Politisi dari Kabupaten TTS ini mengatakan, pemerintah provinsi dalam memanfaatkan anggaran itu agar terus membangun koordinasi dengan Kabupaten dan Kota di NTT.

“Saya kira untuk Kabupaten dan Kota juga sudah melakukan politik anggaran yang sama dengan jumlah yang bervariasi sesuai kemampuan daerah masing-masing, sehingga kita berharap kesiapan pemerintah untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 bisa diantisipasi dengan baik dan masyarakat merasa aman dan tenang,” ujar Inche Sayuna.

Fraksi Golkar Yang Pertama Mendorong Pemprov Alokasikan Dana Covid-19

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Provinsi NTT Drs. Hugo Rehi Kalembu, M.Si mengatakan, instruksi Ketua DPD I Partai Golkar NTT sudah dijalankan. “Bahkan Fraksi Golkarlah yang mendorong Pemda NTT mengalokasikan  seratus miliar untuk mengantisipasi penanganan Covid-19 di NTT seperti dimuat media online SelatanIndonesia.com 19 Maret 2020,” sebutnya.

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Provinsi NTT, Drs. Hugo Rehi Kalembu, M.Si

Hugo Kalembu mengatakan, ketika Gubernur NTT mengajukan  penggunaan dana Rp 104 miliar lebih mendahului Perubahan APBD maka, Fraksi Partai Golkar yang pertama memberikan persetujuan, tentu dengan pengaturan teknis seperti tertuang dalam surat pimpinan DPRD kepada Gubernur NTT.

“Fraksi Partai Golkar juga menyetujui realokasi item-item anggaran yang dilakukan Gubernur termasuk biaya perjalanan Dinas Pimpinan DPRD dan anggota DPRD NTT,” katanya.

Hugo yang juga Ketua Komisi III DPRD Provinsi NTT ini mengatakan, Fraksi Golkar menyerukan kepada seluruh warga NTT untuk tetap mewaspadai gejala gunung es Covid-19.

“Kita harus tetap berpegang pada prinsip sedia payung sebelum hujan dengan terus mematuhi protokol penanganan Covid- 19 yang telah ditetapkan pemerintah dengan tetap tinggal dirumah,  jaga jarak, sering cuci tangan, pola makan bernutrisi dan saling mengingatkan antar sesama warga untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, dan diri. Jangan anggap remeh keadaan tapi tetap optimis dan percaya terhadap yang dilakukan pemerintah dan tak lupa berdoa agar Tuhan menghindarkan kita dari cobaan dan bahaya Covid-19 ini,” ujar politisi Golkar asal pulau Sumba ini. *Sumber: Selatanindonesia.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan