Kunker ke TTS, Gubernur NTT Janji Berikan 50.000 Anakan Jeruk Kepada Balai Benih Hortikultura Oelbubuk

  • Whatsapp
Gubernur NTT ketika secara simbolis menanam anakan jeruk saat kunker di Kabupaten TTS sebagai bukti dukungan kepada Pemda untuk peningkatan produktifitas tanaman jeruk.

Soe-InfoNTT.com,- Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat lakukan kunjungan kerja di Balai Benih Holtikultura (BBH) tepatnya di Desa Oelbubuk, Kecamatan Mollo Tengah, Kabupaten TTS, Senin ( 22/3/2021) siang.

Gubernur NTT dalam kunjungannya kali ini menegaskan, kesejahteraan tenaga lapangan perlu dilihat dan dinaikan melalui sistim kerja yang dilakukan di lapangan. Sebab, bekerja untuk hidup, oleh karena itu tenaga lapangan yang berada di UPT Perbenihan Tanaman Pangan dan Holtikultura Oelbubuk akan mendapat bantuan anakan jeruk 50.000 untuk dikembangkan.

Selain itu, Gubernur VBL juga meminta kepada Kepala UPT Pembenihan Tanaman Pangan dan Holtikultura Oelbubuk untuk menyiapkan berbagai jenis anakan yang nantinya akan dijual kepada pemerintah untuk dibagikan kepada masyarakat. Hasil jual pembenihan tersebut digunakan untuk kesejahteraan tenaga dan sebagian dijadikan sebagai Pendapat Asli Daerah (PAD).

“Karena UPT sudah siapkan 6.000 anakan jeruk, maka saya siapkan 50.000 anakan jeruk nanti. Tetapi harus terus kembangkan pembenihan yang ada sehingga bertambah banyak dan dijual untuk kesejahteraan tenaga yang ada,” ujar Viktor Laiskodat.

Viktor juga mengatakan bahwa TTS adalah daerah yang subur, daerah yang berpotensi, daerah wisata. Oleh karena itu berbagai lahan produktif yang lagi kosong atau tidur harus segera diolah untuk berbagai jenis tanaman yang hasilnya dipasarkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dengan adanya kebun pembenihan dan tanaman hortikultura di Oelbubuk, Viktor meminta kepada Camat dan seluruh desa di Mollo Tengah untuk tanam jeruk, agar selain dipasarkan di tempat-tempat wisata yang di TTS, juga pemerintah daerah menyiapkan marketing dengan sistim online agar hasil pertanian dari TTS mudah dijual.

Camat Mollo Tengah Yosis Banamtuan dalam kesempatan tersebut mengucapkan berterima kasih kepada Gubernur NTT yang sudah membuka peluang bagi masyarakat, sehingga dirinya akan berkoordinasi dengan masyarakat untuk terus tingkatkan hasil produksi pertanian.

Sebab menurutnya, Mollo Tengah termasuk daerah wisata dan berpotensi. Banyak jeruk yang dimiliki masyarakat namun kendala yang dialami adalah pasaran, sehingga dengan adanya masukan dari Gubernur NTT yang akan menyiapkan pasar untuk hasil pertanian, maka pihaknya akan terus berkarya untuk meraih hasil yang baik.

Laporan: Welem Leba

Pos terkait

Tinggalkan Balasan