Kunjungan Kerja ke Kecamatan Fatuleu, Wakil Bupati Kupang Temukan Banyak Persoalan Berulang Tahun

  • Whatsapp

Fatuleu-InfoNTT.com,- Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe kembali melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Fatuleu dan bertemu dengan Camat Fatuleu, para kepala desa serta BPD di wilayah tersebut, Rabu (01/7/2020) siang.

Dari pertemuan langsung alias tatap muka bersama tersebut, banyak temuan yang didapatkan oleh Jerry Manafe yakni kurang maksimalnya kinerja Camat Fatuleu, yang mana masih banyak persoalan-persoalan yang terus berulang tahun di wilayah tersebut.

Bacaan Lainnya

Dihadapan Kepala Desa dan BPD dari 7 desa dan 1 kelurahan, Jerry Manafe meminta agar kerjasama 3 batu tungku yakni kepala desa, BPD dan masyarakat harus baik agar segala program serta pelayanan dapat berjalan sempurna.

Adapun persoalan yang mendasar seperti, ada desa yang dana BLTnya hingga saat ini belum dicairkan sama sekali. Ada juga yang belum memasukan LPJ dana desa tahun 2019 serta APBDes tahun 2020.

“Ini sebenarnya masalah-masalah yang tidak terlalu prinsip dan bisa secepatnya diselesaikan. Akan tetapi karena ketidakharmonisan tiga batu tungku inilah yang membuat segala aktifitas desa jadi terhambat,” ujarnya.

Selain itu, Jerry juga mengungkap bahwa masalah lainnya juga merupakan masalah yang berulang ulang tahun, akibat dari tidak adanya komunikasi dan interaktif yang baik antara kecamatan dan desa, sehingga perlu dikawal terus, baik dari PMD maupun dari Pemerintah.

“Banyak Dana Desa yang dipakai pada infastruktur, namun banyak juga kepala desa dan BPD yang kurang mengerti teknis dengan baik begitupun juga dengan TPK. Akhirnya pengelolaan dana desa pun jadi amburadul,” jelasnya.

Menurut Jerry, desa itu harus ada opsi yang harus diperjuangkan seperti, desa mandiri dan desa berkembang. Artinya di Kecamatan Fatuleu juga punya potensi ekonomi bagi masyarakat, contohnya di Desa Sillu.

“Desa Sillu punya potensi yang sangat besar, yakni jambu mente. Jadi sistem pemasarannya harus diperkuat agar tidak terjadi penumpukan hasil panen,” ujarnya.

Selain itu, Jerry juga menemukan hal yang sangat miris, bahwa di Kacamatan Fatuleu masih banyak warga yang belum terlayani listrik. Ia meminta Camat untuk segera bersurat ke PLN untuk segera merealisasikan listrik di wilayah yang belum merasakan kehidupan dengan listrik agar desa-desa tersebut tidak tertinggal.

Laporan: Chris Bani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan