Kodim 1604/Kupang Ikut Lomba Binter Tingkat TNI-AD Tahun 2021

Wakil Bupati Kupang bersama para tamu undangan saat memantau langsung proses lomba yang diikuti Kodim 1604/Kupang.

Kupang-InfoNTT.com,- Komando Distrik Militer 1604/Kupang merupakan Kodim Tipe A di jajaran Korem 161/Wira Sakti yang dipimpin oleh Kolonel Arh. Abraham Kalelo, S.Sos, tahun ini mengikuti lomba Pembinaan Teritorial (BINTER) tingkat TNI-AD yang dilaksanakan pada Senin (23/08/2021).

Kedatangan tim penilai disambut oleh Dandim 1604/Kupang bersama para Perwira Kodim 1604/Kupang dan unsur Forkopimda Kabupaten Kupang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat di Makodim 1604/Kupang.

Bacaan Lainnya

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Ketua Tim penilai Kolonel Inf. Yoyo Subrolarang menyampaikan sambutan Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (DANPUSTERAD), bahwa lomba Binter ini merupakan program dari Komando atas demi meningkatkan kemajuan Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil).

“Untuk itu saya memberi apresiasi yang tinggi kepada para peserta yang telah menyiapkan satuannya untuk diiukutsertakan dalam lomba Binter Tingkat Pusat. Saya menyadari masih banyak kekurangan dan keterbatasan yang dihadapi namun saya yakin semua itu bukanlah menjadi kendala bagi Komandan satuan untuk tetap berimprovisasi dalam berbenah untuk meningkatkan kwalitas satuannyac,” ujar Kolonel Inf. Yoyo Subrolarang.

Kolonel Subrolarang menambahkan, pembinaan teritorial merupakan fungsi utama yang memiliki peran sangat penting sebagai Katalisator antara masyarakat dengan pemerintah dan aparat teritorial yang mengawaki Binter harus memiliki kemampuan yang dapat di aplikasikan dalam setiap pelaksanaan tugas. Hal ini dimaksudkan agar setiap kegiatan yang dilakukan oleh Satuan Komando Kewilayahan lebih bermanfaat bagi masyarakat dan dapat menciptakan situasi yang kondusif.

Lomba Binter tingkat Kodim dilaksanakan setiap dua tahun sekali dengan menggunakan klasifikasi sesuai type Kodim yakni klasifikasi A, B dan C yaitu pertama Kodim Klasifikasi/type A meliputi Kodim yang berada di wilayah Ibukota Negara, penyangga Ibukota dan ibukota Provinsi. Yang kedua yaitu Kodim Klasifikasi B, meliputi Kodim dengan wilayah Kabupaten dan Kota, serta yang ketiga yaitu Kodim klasifikasi C yaitu Kodim yang berada di wilayah perbatasan negara, pulau terluar dan wilayah daerah rawan.

Dandim 1604/Kupang, Kolonel Arh. Abraham Kalelo.,S.Sos pada kesempatan tersebut ucapkan selamat datang kepada Tim Penilai Lomba Binter tahun 2021 di Kodim 1604/Kupang.

“Saya berharap kedatangan tim ini dapat memberikan masukan dan bimbingan setelah melihat secara langsung kondisi Kodim serta menerima masukan dari masing-masing unsur Forkompimda Kabupaten Kupang sehingga dapat menjadikan Kodim kami lebih baik lagi kedepannya,” ucap Dandim.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe mengatakan bahwa kegiatan Lomba Binter ini sangat bermanfaat bagi satuan Kodim di Jajaran TNI-AD.

”Saya selaku wakil Bupati Kabupaten Kupang meminta agar di kabupaten Kupang harus ada Kodim sendiri karena mengingat Kabupaten Rote Ndao saja sudah ada Kodim sendiri, kita Kabupaten Kupang sangat perlu ada Kodim sendiri,” ujar Jerry Manafe.

Menurut Jerry, Pemda sudah siapkan lahan di Civic center. Pertimbangan karena Kabupaten Kupang berbatasan darat langsung dengan Timor Leste dan juga berbatasan laut dengan Australia yaitu pantai selatan Kabupaten Kupang, dan mungkin harus ditambah Koramil, karena wilayah kabupaten kupang cukup luas dan terdapat kurang lebih 160 Desa, 17 kelurahan dan 24 kecamatan.

“Kita punya Koramil yang ada sekarang tidak lebih dari 6 Koramil, sedangkan ini cukup kita butuhkan dan yang lebih penting lagi dalam waktu dekat ini di kabupaten Kupang akan di bangun Kodam, sehingga saya pikir sebelum ada Kodam sebaiknya harus ada Kodim di Kabupaten Kupang, karena Kodim yang ada sekarang membawahi 3 wilayah yaitu Kota Kupang, kabupaten Kupang dan kabupaten Sabu Raijua,” jelasnya.

Jerry Manafe mengharapkan agar Kabupaten Kupang miliki Kodim sendiri dengan maksud  pelayanannya lebih baik dan dekat dengan masyarakat.

“Kita semua berharap kalau Kodim ada di Kabupaten Kupang maka lebih aman karena semua instansi terkait sudah ada juga, seperti Pengadilan, Polres Kupang, Kejaksaan sehingga unsur muspidanya lengkap, apalagi semua sudah punya kantor di Kabupaten kupang,” kata Wabup Kupang.

Hadir dalam kegiatan lomba Binter Dandim 1604/Kupang Kolonel Arh. Abraham Kalelo, S.Sos, Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe, Wakapolres Kupang Kompol Djemi Gaelomi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Carles Panie, Kasie Intel Kejaksaan Negeru Oelamasi, Ketua Pengadilan Negeri Oelamasi, Tokoh masyarakat dan Tokoh Agama Kabupaten Kupang. (*Tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *