Kemarau Panjang, Tiga Kecamatan Di Flotim Gagal Panen

  • Whatsapp
Ilustrasi...foto by Roni Bani

Ilustrasi...foto by Roni Bani
Ilustrasi…foto by Roni Bani

Flotim,infontt.com– Kemarau panjang, tiga kecamatan di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur mengalami gagal panen.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Flores Timur, Anton Sogen mengatakan, tiga kecamatan yang gagal panen itu adalah Kecamatan Ile Boleng, Wotan Ulumado dan Demon Pagong di Pulau Adonara.
Ia menambahkan ada sejumlah desa di Pulau Solor, seperti Desa Balaweling I dan II, Nusadani dan Daniwato, juga mengalami gagal panen.

“Saya terjun langsung ke lokasi dan memantau sendiri kondisi di lapangan. Tanaman jagung, padi, serta tanaman palawila lainnya, kering meranggas akibat panas berkepanjangan dalam musim hujan tahun ini,” ujarnya, Senin (25/4/2016).

Ketika ditanya soal upaya penanggulangan bahaya kekeringan terhadap kondisi yang dihadapi masyarakat tersebut, Anton Sogen menambahkna, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan para pihak terkait untuk mengambil langkah-langkah penanggulangan.

“Saya sudah lakukan koordinasi dengan sejumlah instansi terkait untuk mengambil langkah penanggulangannya. Entah apa bentuknya, nanti baru kami bicarakan lebih lanjut,” katanya.

Ia juga sudah melakukan pendataan kerugian yang dialami oleh para petani yang gagal panen tersebut, guna memberikan kompensasi dalam bentuk beras. Pihaknya juga telah meminta para camat untuk segera memberikan laporan ke Dinas Pertanian jika mengetahui wilayah atau desa yang dilanda gagal panen akibat dampak dari El Nino. (fds)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan