Karya Tuan Middelkoop

  • Whatsapp
infontt.com
Dr. P. Middelkoop (repro/roni)
infontt.com
Dr. P. Middelkoop (repro/roni)

Kupang, -.infontt.com.– Karya penerjemahan Alkitab di pulau Timor pada tahun 1925-1947 akan dikenang selalu oleh warga gereja di pulau Timor. Alkitab PB dalam Uab Meto’ menjadi bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat Atoni’ di Timor pedalaman. Orang akan selalu mengenang Dr. P. Middelkoop yang tulisannya tentang Atoni Pah Meto’ dan tulisan-tulisan lainnya, tentu terutama dan teristimewa Perjanjian Baru dalam Uab Meto’. Apakah orang tahu bahwa Tuan Middelkoop telah menyelesaikan seluruh Alkitab dalam usaha menerjemahkannya? Usaha untuk menyelesaikan penerjemahan seluruh alkitab tidak berhenti oleh Tuan Middelkoop, namun belum sampai selesai. Dalam satu rapat (19/02/2016) di kantor Unit Bahasa dan Budaya Kupang, karya-karya Dr. P. Middlekoop ditunjukkan kepada para peserta rapat. Menurut Prof. Charles Grimes, sebagai orang yang diberi kepercayaan, dokumen-dokumen itu adalah asli ketikan dari Tuan Middlekoop sendiri. Prof. Charles Grimes menyebut Dr. P. Middelkoop dengan sebutan Tuan Middelkoop. Menurut Prof. Grimes, sebelumnya buku-buku itu diserahkan oleh Tuan Middlekoop kepada Prof. James Fox.

infontt.com
Tiga dokumen sangat berharga karya Dr. P. Middelkoop

Selanjutnya Prof. Charles Grimes diberi mandat untuk menjaga dokumen-dokumen itu. Dokumen yang dimaksudkan itu terdiri dari: Kejadian, Keluaran, masing-masing satu buku, serta Ezra, Nehemia dan Ester digabung dalam satu buku. Semua teks diketik dalam Uab Meto’.

Prof J. Fox
Prof J. Fox

Perlu diketahui bahwa salah satu hal yang dibahas dalam rapat di kantor UBB Kupang itu adalah jenis Uab Meto’ yang dipakai orang Atoni’. Owen Edwards (Kandidat PhD) menyajikan satu makalah hasil penelitiannya di Timor baik dengan berkunjung ke lokasi-lokasi maupun meneliti pustaka berbahasa jenis Uab Meto’.Jenis Uab Meto'(roni)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan