Kampung Bahari Desa Tablolong Diresmikan, Jerry Manafe Apresiasi Lantamal VII Kupang

  • Whatsapp
Wakil Bupati Kupang saat memberikan sambutan pada acara peresmian Kampung Bahari Nusantara di Desa Tablolong.

Kupang-InfoNTT.com,- Wakil Bupatu Kupang, Jerry Manafe, SH.,M.Th, mengikuti acara peresmian Kampung Bahari Nusantara. Kegiatan ini berlangsung di Desa Tablolong, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Kamis 26 Agustus 2021.

Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi kepada TNI Angkatan Laut terkhusus Komandan Lantamal VII, Laksamana Pertama TNI I Gusti Kompiang Aribawa bersama jajarannya yang telah menginisiasi terbentuknya Kampung Bahari Nusantara.

Bacaan Lainnya

”Ini merupakan bukti nyata akan hadir dan sinergitas yang kokoh antara TNI dan masyarakat dalam upaya peningkatan di bidang pendidikan, kesehatan, pariwisata, ekonomi dan pertanahan. Keberadaan masyarakat yang cerdas dan berjiwa sehat yang mampu memanfaatkan sumber daya dan potensi yang dimiliki demi kesejahteraan masyarakat yang bermuara pada kesadaran keamanan dan ketertiban sebagai aset Pertahanan Nasional,” ujar Jerry Manafe.

Lebih lanjut Wabup Jerry mengatakan, terhadap 5 klaster utama dalam program Kampung Bahari Nusantara yakni klaster ekonomi yang berfokus pada pembinaan UMKM, klaster edukasi melalui pembentukan Rumah Pintar, klaster kesehatan dalam bentuk penyuluhan dan sosialisasi budaya hidup sehat serta klaster pariwisata yang bertujuan untuk menciptakan desa sebagai destinasi wisata bahari yang dipastikan akan mendapat dukungan penuh dari Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kupang.

“Bagi para perangkat daerah yang bersentuhan langsung dengan program dan kegiatan di Kampung Bahari Nusantara, saya titipkan dukungan dan kontribusi Pemkab Kupang dalam mensukseskan kegiatan ini”, tegas Jerry Manafe.

Tidak hanya itu, Jerry Manafe juga berpesan kepada Camat Kupang Barat dan Kepala Desa Tablolong agar menunjukkan kebanggaan serta berperan penting ketika desa Tablolong dipilih sebagai Pilot Project Kampung Bahari Nusantara dengan mendorong antusiasme masyarakat untuk terlibat aktif mendukung kesuksesan kegiatan ini.

“Jadilah tuan rumah yang ramah, bersahaja dan terbuka dengan inovasi dan cara kerja kolaboratif yang melibatkan lembaga lain di luar Pemda. Dengan konsep dan cara berpikir seperti ini, kita dapat terhindar dari keterbelakangan, untuk kemudian maju dan sejajar dengan daerah-daerah lain di Provinsi NTT maupun di Republik Indonesia”, jelas Manafe.

Jerry Manafe berharap dengan diresmikannya Kampung Bahari Nusantara dengan semboyan kerja keras, kerja cerdas, kerja iklas, kita dapat mewujudkan Kabupaten Kupang yang maju, mandiri dan sejahtera.

Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI I Gusti Kompiang Aribawa dalam kesempatan tersebut mengatakan, Kampung Bahari Nusantara merupakan salah satu perwujudan tugas TNI Angkatan Laut yang dituntut harus mampu berkontribusi positif dan aktif membantu Pemda dalam percepatan pembangunan, menjaga ketahanan pangan, meningkatkan kesejahteraan rakyat dan perekonomian daerah serta memantapkan kemanunggalan TNI.

”Dalam hal ini TNI Angkatan Laut dengan masyarakat punya kepentingan pertahanan Negara sehingga diharapkan terciptanya masyarakat maritim yang indah dan mau melestarikan laut di daerahnya,” ujar Danlantamal.

Ia menjelaskan, bahwa ada 5 klaster utama program KBN yaitu klaster edukasi (pembangunan rumah pintar), ekonomi (pembinaan kelompok UMKM dan pendampingan), kesehatan (pemeriksaan peralatan medis dan obat-obatan), pariwisata (pemeliharaan destinasi wisata pantai tablolong) dan pertahanan negara merupakan komponen pembangunan KBN yang membutukan seluruh komponen dan kedinasan baik dari Provinsi maupun Kabupaten serta perangkat desa yang ada di desa Tablolong.

Danlantamal VII berharap agar program yang telah dilaksanakan ini terus berlanjut dengan dukungan dan kontribusi positif dari semua pihak terkait sehingga tujuan dari pembangunan KBN dapat terlaksana sesuai dengan rencana dan menjadi role of mode pembangunan KBN.

Sedangkan Kepala Desa Tablolong, Zet Nggadas dalam sambutannya mengucapkan selamat datang bagi semua pihak di Kampung Bahari Nusantara yang dipercayakan kepada desa Tablolong. Melalui perpanjangan tangan dari TNI Angkatan Laut terkhusus Lantamal VII Kupang yang begitu gigih membuat perubahan yang cukup signifikan menjadikan desa Tablolong mampu menjadi desa yang maju seperti desa lainnya.

“Sebagai salah satu desa bahari binaan TNI Angkatan Laut, kami merasa ada perhatian yang begitu besar bagi desa Tablolong yang dibuktikan dengan peresmian Kampung Bahari Nusantara yang bukan hanya merubah profil kami secara berkesinambungan melainkan memotivasi masyarakat,” ujarnya.

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati Kupang, Ketua Tim Pengawas & Evaluasi dari Mabes TNI AL Jakarta Kol. Marinir Haryadi bersama Tim, Kepala Kantor Perwakilan BI NTT, Komandan LantamaI VII I Gede Kompiang, para Forkopimda Kabupaten Kupang, Pimpinan OPD terkait dari Provinsi NTT dan Kabupaten Kupang, Camat Kupang Barat Yusak Ullin, Kepala Desa Tablolong Set Nggadas, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan serta masyarakat desa Tablolong.

Laporan: Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Kupang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan