Kadis PMD Kabupaten Kupang Optimis 14 Desember Dana Desa Tahap III Realisasi 100 Persen

  • Whatsapp
Charles Panie Kadis PMD Kabupaten Kupang

Oelamasi-InfoNTT.com,- Semua desa di Kabupaten Kupang dipastikan bisa mencairkan Dana Desa (DD) tahap III pada bukan Desember 2020 ini. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kupang, Charles Panie ketika diwawancarai media ini, Jumat (11/12/2020) malam.

Charles optimis akhir minggu ini seluruh desa di Kabupaten Kupang bisa menyelesaikan laporannya dan dana desa tahap III siap disalurkan 100 persen. Kabupaten Kupamg sendiri, saat ini yang sudah tersalur ke kas desa baru 43 desa, sementara pengajuan susulan 80an desa.

Bacaan Lainnya

“Saya optimis sampai dengan haru sabtu bisa mencapai 160 desa, karena sejak tanggal 8 Desember 2020, dengan surat penegasan bapak Bupati Kupang terhitung mulai tanggal 8 Desember semua camat, kepala desa dan pendamping berkantor di PMD. Ini punya nilai positif, karena ada camat yang rela buang waktu tidurnya dan kita sama-sama bekerja hingga jam 12 malam, untuk dampingi desanya,” ungkap Charles.

Kadis PMD juga menegaskan bahwa, jika tidak selesai maka akan sambung pada hari Sabtu lagi. Dinas PMD akan berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan di akhir tahun ini secara baik, khususnya penyaluran dana desa.

Charles menambahkan, semua proses penyaluran hingga pertanggungjawaban berjalan lancar, karena pada tahun 2020 ini dana desa lebih banyak diperuntukan untuk BLT, sehingga semua desa untuk penyerapan sudah di atas 50 persen, di mana ini yang menjadi syarat untuk pengajuan tahap III.

“Pencairan tahap III batasnyà tanggal 14 Desember 2020, makanya kita kejar dengan bekerja full waktu di dinas bersama para camat, kades dan pendamping. Jika ada desa yang belum selesai malam ini, maka saya minta tolong kepala desa hadir lagi hari Sabtu, kareba harus tanda tangan dan dikawàl oleh pendamping,” ungkapnya.

Dari indikator penyaluran dana desa di Kabupaten Kupang, maka bisa menunjukkan bahwa progres penyaluran Dana Desa di Kabupaten Kupang cukup baik. Di mana tahap I dan tahap II yang dikhususkan untuk BLT sudah disalurkan di semua desa, sedangkan tahap III kini akan sudah mulai disalurkan hingga tanggal 14 Desember 2020 mendatang.

Laporan: Chris Bani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan