Johannis Ottemoesoe: Transparansi Sebagai Alat Pengawasan Keuangan Pemerintah

  • Whatsapp
Balon Wakil Bupati Kupang, Johannis Silvester Ottemoesoe, S.E
Balon Wakil Bupati Kupang, Johannis Silvester Ottemoesoe, S.E

Kupang-infontt.com,- Pemerintah merupakan tulang punggung negara, karena pemerintah lah yang melaksanakan fungsi-fungsi penting negara, tidak hanya politik, namun juga keuangan yang sangat signifikan perannya. Hal ini disampaikan bakal calon Wakil Bupati Kupang dari Paket TERKINI, Johannis Silvester Ottemoesoe, S.E, Minggu (25/6/2017).

Pria yang biasa disapa Joni ini mengatakan, sebuah pemerintahan sama halnya dengan sebuah perusahaan, yang membutuhkan pengelolaan dalam setiap bagiannya, sehingga perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfat maupun perlindungan bagi semua pihak di dalamnya.

Bacaan Lainnya

“Organisasi sektor publik di sebuah daerah, baik itu pemerintah sendiri maupun organisasi milik pemerintah sudah seharusnya mampu menyajikan informasi yang berkualitas bagi para pemakai informasi sektor publik,”jelasnya.

Ditambahkannya, informasi yang berkualitas yang dimaksud adalah bagaimana informasi tersebut mampu mampu membantu dalam pembuatan keputusan para pemakai, kemudahan dalam mengakses informasi tersebut, serta patuh dan sesuai dengan ketentuan atau peraturan-peraturan yang telah ditetapkan.

“Melihat kebutuhan informasi saat ini yang semakin besar dari berbagai pihak, informasi yang disajikan sektor publik memang harus mampu memberikan kontribusi yang bermanfaat, tidak sekedar pemenuhan kewajiban untuk mengungkapkan informasi tersebut,”Ujar Joni yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PDAM Tirta Lontar Kabupaten Kupang.

Balon Wakil Bupati Kupang ini mengakui bahwa melalui laporan keuangan pemerintah yang baik maka informasi yang dibutuhkan berbagai pihak seperti masyarakat, para wakil rakyat, lembaga pengawas, dan lembaga pemeriksa, pihak yang memberi atau berperan dalam proses donasi, investasi dan pinjaman, serta pemerintah itu sendiri untuk pengambilan keputusan akan dapat disajikan secara komprehensif dan terkontrol.

Ia juga menambahkan, informasi keuangan yang berkualitas dapat dicapai dengan tiga komponen penting dalam sektor publik, yaitu transparansi, akuntabilitas, dan pengawasan. Komponen-komponen tersebut jika dapat diterapkan secara sungguh-sungguh akan mampu mengarahkan pada penyajian informasi keuangan yang berkualitas. Keterbukaan atau kemudahan akses informasi keuangan pemerintah mencerminkan bagaimana pemerintah memfasilitasi rakyat untuk mengontrol secara langsung aktivitas keuangan dan struktural pemerintah.

“Dalam suatu perusahaan contohnya, demokrasi sudah seharusnya pemerintah bersifat terbuka dan memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat terutama sebagai wujud pertanggungjawaban atas uang rakyat,”tandasnya.(Chris Bani)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan