JMK bersama Oxfam Berikan Bantuan Tunai Sebagai Respon Darurat bagi Masyarakat Bena

  • Whatsapp
Penyerahan bantuan kepada masyarakat.

Soe-InfoNTT.com,- Bencana Seroja yang melanda NTT tanpa terkecuali wilayah selatan, yakni Desa Bena, Kabupaten Timor Tengah Selatan dan sekitarnya pada awal April 2021 lalu. Bencana ini kemudian menarik perhatian 19 lembaga sosial masyarakat yang tergabung dalam JMK (Jejaring Mitra Kemanusiaan) bersama Oxfam melakukan respon darurat serta pemulihan di Kantor Pos Panite.

Elfrid V Saneh, selaku Livelihood Officer kepada media ini, Jumat (30/7/2021) mengatakan, bahwa giat ini dilakukan sepanjang hari di Kantor Pos Panite dengan tujuan mendukung Pemerintah NTT khususnya Kabupaten TTS untuk memastikan bahwa keluarga kelompok rentan korban bencana memiliki akses pada bantuan tunai.

”Kita mendukung proses pemulihan pasca bencana dan memiliki akses pendanaan untuk pemenuhan kebutuhan pangan serta kebutuhan penting keluarga,” ungkapnya.

Elfrid pun merincikan, bantuan berupa perbaikan rumah, hygien kids, family kids, benih pertanian, modal peternakan, kebutuhan pangan, membantu biaya pendidikan dan kebutuhan mendesak lainnya.

Menurutnya, para penerima manfaat program Bantuan Tunai Multiguna ini adalah rumah tangga dengan latar belakang atau kategori kepala keluarga perempuan, ibu hamil atau menyusui yang memiliki anak balita, disabilitas, keluarga dengan disabilitas, lansia, keluarga dengan lansia dan yatim piatu dan berusia dibawah 22 tahun.

“Untuk menseleksi penerima manfaat ini, dilakukan proses sosialisasi, assessment calon benef, pleno bersama dalam FGD, penginputan data, validasi, verifikasi dan finalisasi penerima manfaat dan finalisasi,” jelasnya.

Lanjut Elfrid Saneh, dalam proses pendistribusian JMK CIS Timor bekerja sama dengan PT. POS Indonesia untuk proses distribusi total kepala keluarga penerima manfaat untuk NTT dan NTB sebanyak 930 KK. Sementara di Kabupaten TTS, total penerima sebannyak 75 KK, di mana setiap Kepala Keluarga mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 600.000.

Kepala Desa Bena Charles Nabuasa, dalam sambutanya mengucapkan limpah terima kasih kepada JMK-OXFAM atas perhatiannya bagi masyarakat terdampak banjir.

Dirinya berharap uang ini dipergunakan untuk kelangsungan hidup dan juga sebagai biaya pendidikan anak sekolah. Bisa juga pakai isi pulsa tapi untuk anak belajar online.

Sementara Jack Paut dari PT. POS Indonesia wilayah Panite, berharap bantuan ini juga dapat bermanfaat bagi kebutuhan sembilan bahan pokok dan juga kebutuhan penting lainnya.

Hadir dalam pendistribusian bantuan tunai ini yakni Elfrid Saneh selaku Livelihood Officer dan juga Dens Masneno pendamping Program Bissec oxfam dan CIS Timor di wilayah TTS.

Pantauan media ini di lokasi Selain program CTP Multi Guna Ini juga ada program (WASH) Air bersih dan Sanitasi untuk kegiatan kedua ini dilaksanakan di Desa Bena dilakukan Pembersihan 8 Unit sumur umum dengan total KK Penerima Manfaat sebanyak 200 KK.

Kegiatan ini dilakukan dengan protocol kesehatan ketat, peserta yang hadir oleh penyelenggara akan membagikan masker dan hand sanitizer serta memastikan fasilitas cuci tangan tersedia dan menjaga jarak saat pelaksanaan pendistribusian.

Laporan: Welem Leba

Pos terkait

Tinggalkan Balasan