Jalur Ruteng-Labuan Bajo Lumpuh Akibat Longsor di Manggarai Barat

  • Whatsapp

Ruteng-InfoNTT.com,- Hujan deras di wilayah Manggarai Timur, Flores Barat, NTT sejak kemarin menyebabkan longsor di sejumlah lokasi, Kamis (07/03/2019). Berdasarkan informasi yang diterima www.pa-ruteng.go.id ruas jalan negara Ruteng-Labuan Bajo, tepatnya di Kampung Roe-Culu lumpuh akibat tertimbun longsor dan jembatan rusak.

Bahkan menurut masyarakat sekitar ada mobil dan dua motor tertahan di tengah longsor, serta tidak ada korban jiwa dalam bencana itu. Selain itu, sejumlah tempat di Kota Labuan Bajo mengalami banjir akibat hujan deras dari kemarin hingga Kamis.

Akses jalan trans nasional Labuan Bajo-Ruteng putus total, Kamis (07/03/2019). Akses jalan putus karena terjadi tanah longsor dan jembatan putus di Jalan Nasional Trans Flores di sepanjang km 20 sampai km 30 dari Labuan Bajo tepatnya di wilayah Desa Cunca Lolos dan Desa Tondong Belang, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat.

Akibat akses jalan nasional Labuan Bajo-Ruteng putus sehingga kunjungan kerja Ketua Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Timur (Drs. H. Busra, S.H., M.H.) ke PA Ruteng bersama Panitera dan Sekretaris pada hari Kamis dan Jumat (07-08/03/2019 terpaksa dibatlakan karena jalan tidak dapat dilewati oleh kendaraan roda dua dan maupun roda empat.

Guna memastikan keselamatan orang nomor satu di lingkungan PTA NTT tersebut, Wakil Ketua Pengadilan Agama Ruteng Al Fitri, S.Ag., S.H., M.H.I. bersama Kasubbag Umum dan Keuangan, Panmud Hukum dan sopir berangkat menuju lokasi dimana titik longsor terjadi pada pukul 13.30 WITA, namun sesampainya di Kampung Roe-Culu pukul 17.00 WITA, Waka PA Ruteng juga tertahan tidak bias melanjutkan perjalanan kea rah Labuanbajo karena jalan lumpuh total akibat tertimbun longsor sehingga harus kembali lagi ke Ruteng.

Sejak kemarin siang Kamis pukul 12.00 WITA rombongan KPTA NTT tidak dapat dihubungi melalui seluler karena jaringan telekomunikasi ikut terputus, namun Alhamdulillah pagi ini sekitar pukul 08.00 WITA melalui jaringan XL Waka PA Ruteng telah dapat berkomunikasi langsung dengan KPTA NTT dan beliau dalam keadaan sehat wal afiat bersama rombongan. Saat sekarang sudah berada di Bandara Komodo Labuanbajo akan menuju Kupang. (Tim IT/Jun/www.pa-ruteng.go.id )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan