Inilah Lembaga Korea Selatan yang Akan Bekerjasama dengan Pemkab TTS

  • Whatsapp

KOICA didirikan pada 1 April 1991. Lembaga ini adalah Badan Pemerintah Korea Selatan yang didirikan untuk memaksimalkan efekivitas bantuan Korea pada negara-negara berkembang. Bantuan dari lembaga ini  bias berupa hibah maupun program kerjasama teknis.

Proyek

Program bantuan KOICA berupa proyek yang mendukung pembangunan sekolah, rumah sakit, balai latihan kerja, dan fasilitas lainnya. Selain aspek fifik, KOICA juga menawarkan pelatihan dan keahlian untuk mendukung mendukung Negara-negara mitra.

Dalam menentukan proyek, KOICA menempatkan perhatian khusus pada daerah, di mana keahlian dan pengalaman Korea dapat memberikan kontribusi penting bagi Negara lain. Yang terpenting seperti pendidikan, pelatihan kejuruan, kesehatan, perawatan medis, administrasi public, pertanian, perikanan dan teknologi informasi.

Untuk memperluas efektivitas program ini, KOICA berencana memperkenalkan pendekatan sector-lebar (wide-sector approach) dan memperkuat pengawasan serta evaluasi program.

Misi

Di masa lalu, kerjasama pembangunan difokuskan pada pemenuhan Kebutuhan Dasar Manusia dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Sedangkan saat ini, kerjasama pembanguan difokuskan untuk mempromosikan pembangunan berkelanjutan, memperkuat kemitraan dengan mitra pembangunan dan meningkatkan kepemilikan local dari penerima mamfaat. Selain itu, kekhawatiran global seperti lingkungan, pengentasan kemiskinan dan masalah gender, telah mendapatkan arti penting di masyarakat innternasional.

KOICA beradaptasi dengan secara efektif menggunakan sumber daya keuangan yang terbatas untuk memfokuskan bantuan pada area di mana Korea memiliki keunggulan komparatif.

Kerjasama Masyarakat Sipil

Program ini dirancang untuk memberikan bantuan bagi organisasi masyarakat yang melakukan kegiatan bantuan pembangunan luar negeri. Tujuannya untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan.

Program kerjasama berbasis masyarakat sipil ini melengkapi Bantuan Pembangunan Resmi yang diterapkan pada proyek-proyek pemerintah. KOICA juga mendukung proyek-proyek di daerah, di mana proyek-proyek tersebut tidak mungkin terjadi pada tingkat antar-pemerintah. Selain itu juga terdapat proyek-proyek yang difokuskan pada maslah local, dengan tujuan untuk meningkatkan kondidi kehidupan (pendidikan, pelayanan medis, dan penfdapatan) dari penduduk local di negara berkembang. (*Tim)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan