Ikut Mengupas Kulit Asam, Anggota TNI Membantu Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Perbatasan

  • Whatsapp


Belu-InfoNTT.com,- Menjadi seorang anggota TNI merupakan salah satu jalan yang tepat untuk berbhakti kepada Bangsa dan Negara, contohnya anggota TNI yang bertugas di wilayah perbatasan Motaain, yaitu Pos Damar, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif R 408/Sbh yang telah berkomitmen untuk menjaga kedaulatan Negara di wilayah perbatasan.

Dengan melaksanakan patroli patok-patok di batas Negara RI-RDTL, untuk memastikan bahwa batas Negara kedua belah pihak tetap aman dan tidak terjadi pergeseran, merupakan tugas utama anggota TNI berada di wilayah perbatasan. Akan tetapi ada kegiatan lain yang dilakukan, yang jauh dari aktivitas tempur, yaitu membantu masyarakat mengupas kulit asam.

Bacaan Lainnya

Masyarakat di wilayah perbatasan yang sebagian besar bekerja sebagai petani sangat antusias atas kehadiran anggota TNI di wilayah perbatasan, bukan karena tanpa sebab, melainkan anggota TNI ini selalu mendukung kegiatan pertanian, seperti contoh membantu memperbaiki pompa air, membagikan pupuk dan lain-lain. Kali ini anggota dari Pos Damar, membantu masyarakat yang merupakan petani asam untuk mengupas kulit asam dan kemudian dijual oleh masyarakat.

Pratu Deni, salah satu anggota Pos Damar yang ikut membantu masyarakat untuk mengupas kulit asam dan kemudian dijual, mengatakan bahwa hal ini semata-mata untuk membantu masyarakat binaan Pos Damar untuk meningkatkan ekonominya, setidaknya bisa sedikit meringankan beban mereka pada saat mengupas kulit asam tersebut.

Ibu Martha (37 Tahun), warga Dusun Aisik, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu mengatakan, sejak kehadiran TNI di wilayah sini, TNI sangat baik dan selalu membantu masyarakat. Contohnya siang ini Senin (04/03/2019), bersama-sama mengupas kulit asam sama anak-anak.

”Kita terkejut karena bapak TNI tiba-tiba datang membantu, padahal kita tidak ke Pos Damar untuk minta tolong,”ucap Ibu Martha.

Danpos Damar, Lettu Inf A.Milzam yang dikonfirmasi melalu telepon selularnya memberikan komentar bahwa hari anggota TNI selalu turun melihat masyarakat binaannya. Hal ini dilakukan untuk bertegur sapa dengan mereka, sekalian melihat kondisi masyarakat binaannya, apakah ada yang perlu dibantu atau tidak.

”Siang ini anggota kami dari Pos Damar mendapati masyarakat yang sedang mengelupas kulit asam, yang asamnya nanti akan dijual ke pasar, sontak anggota kami langsung membantu masyarakat tersebut, ini kami lakukan sebagai bentuk dari  implementasi Visi dan Misi kami berada di sini,” tutup Lettu Inf A.Milzam. (Tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan